lamurionline.com -- Banda Aceh -- Prodi S-2 Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh jalin kerjasama dengan Prodi Magister Keguruan Bahasa Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang pada Senin (29/05/23).

Kegiatan tersebut terjalin untuk Penguatan mutu Prodi S2 Pendidikan Bahasa Arab dalam bingkai kerjasama antar Prodi Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Acara di rangkum dengan Forum Group Discussion (FGD) yang bertempat di Ruang Rapat Ketua Prodi Magister Keguruan Bahasa Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pada kesempatan tersebut yang menjadi pemateri adalah Dr. Hanik Mahliatussikah, M. Hum, selaku ketua Prodi Magister Keguruan Bahasa Arab.

Acara yang berlangsung dengan khitmad tersebut Dr. Hanik pertama sekali menyampaikan terimakasih atas kehadiran Prodi Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

“Kegiatan ini guna meningkatkan kerjasama antar dua lembaga agar terus bersinergi dalam mewujudkan tri Dharma Perguruan Tinggi dan sebagai wujud dari FGD ini nantinya dilanjutkan dengan penandatangan MoA,” jelas Hanik

Ketua Program Studi S-2 Pendidikan Bahasa Arab PPS UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dr. Syahrul Riza, S.Ag., MA. Menyampaikan rasa terima kasih mendalam atas undangan dari Prodi Magister Keguruan Bahasa Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

“Kunjungan ini harapannya terus berlanjut kedepannya, terutama dalam peningkatan kerjasama dalam bidang penelitian dan pendidikan serta untuk menunjang akreditasi prodi kedepan,” ucap Syahrul Riza

Dalam Forum Group Discussion (FGD) tersebut menghasilkan beberapa poin penting yang akan diimplementasikan dilapangan sebagai tindak lanjut dari MoA yang sudah ditandatangani bersama. Poin-poin yang dibicarakan dalam FGD tersebut diantaranya;

1. Lingkup dan metode implementasi Kerjasama antar prodi S2 PBA

2. Pertukaran dosen dan pembimbingan tesis

3. Kurikulum Prodi S2 PBA

4. Penyiapan akreditasi Lamdik

Forum Group Discussion ini diakhiri dengan penandatangan MoU antara Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan Pascasarjana Universitas Negeri Malang dan Penandatanganan MoA antara prodi Megister Keguruan Bahasa Arab Malang dengan prodi S2 Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh.


Turut hadir dalam FGD dan penanda tanganan tersebut diantaranya Dekan Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, Wakil Dekan I, Elvynurul Laily Zen, S.S., MA., Ph.D., Wakil Dekan 3, Ketua Departemen Sastra Arab UM, Dr. Mohammad Ahsanuddin, S.Pd., M.Pd., Sekretaris Departemen Sastra Arab UM, Dr. Moch. Wahib Dariyadi, S.Pd., M.Pd., Ka Prodi S2 Keguruan Bahasa Arab, Dr. Hanik Mahliatussikah, M. Hum., Perwakilan dosen Keguruan Bahasa Arab, Dr. Nurhidayati, M.Pd., GPM sastra Arab UM, Muhammad Lukman Arifianto, S.S., MA., perwakilan Mahasiswa S2 keguruan Bahasa Arab UM, sedangakan dari UIN Ar-Raniry dihadiri oleh ka. Prodi S2 PBA, Dr. Syahrul Riza, S.Ag., MA dan Sekretaris Prodi S2 PBA, Dr. Badruzzaman, S.Pd.I., MA.(MRA)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top