lamurionline.com -- Banda Aceh – Dayah Madrasah Ulumul Qur'an (MUQ) Pagar Air-Aceh kembali menggelar wisuda terhadap 90 santri kelas akhir tingkat MTs dan MA yang dilaksanakan di Gedung Amel Convention Hall Banda Aceh, Sabtu (17/6/2023).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh yang diwakili oleh Kepala UPTD Pengelolaan Dayah Perbatasan dan Dayah MUQ Pagar Air  Sufriadi, ST, Kepala Kanwil Kemenag Aceh yang diwakili Kabid Pontren Dr. H. Muntasyir,S.Ag, MA, Pengurus dan Dewan Pembina Dayah MUQ Pagar Air, Muspika Ingin Jaya, Kepala Mukim Pagar Air, Kechik Bineh Blang, Komite Madrasah, Dewan Guru, para wisudawan, dan orang tua dan wali santri.

Acara wisuda diawali dengan penampilan syair kisah santri Dayah MUQ Pagar Air,  rapa ie geleng, paduan suara santri Dayah MUQ Pagar Air, dilanjutkan dengan pembacaan Ayat suci Al Quran, selawat badar dan lagu Indonesia Raya.


Ketua panitia kegiatan wisuda dan Wakil Rais 'Am bidang Akademik Ustaz H. Akhmad Rizal, Lc, MA dalam laporannya menyampaikan, bahwa yang mengikuti wisuda  90 orang santri  yang terdiri dari 51 santri tingkat MA dan 39 santri tingkat MTs. "Wisuda santri ini tidak diwajibkan, namun sifatnya sukarela," kata Ust Ahmad Rizal. 

Selain prosesi wisuda juga dilakukan pemberian penghargaan kepada santri lulusan terbaik dengan kategori santri khatam 30 Juz tercepat, santri terlancar 30 Juz, santri teladan, santri berprestasi tingkat MTs dan MA dan santri yang telah khatam menghafal 30 Juz Al-Qur'an.

Menurut Ahmad Rizal, lulusan tahun ini sebanyak 31 santri yang terdiri dari 16 santri tingkat MA dan 15 santri tingkat MTs telah mampu mengkhatamkan Al-Qur'an 30 Juz, dan masih banyak lagi santri-santri kita baik kelas 2 dan kelas 4 yang telah mengkhatamkan Al-Quran 30 Juz.

Rais Am Dayah MUQ Pagar Air, Drs. H. Sualip Khamsin menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah menyukseskan kegiatan wisuda ini. Beliau juga berpesan kepada seluruh wisudawan, teruslah mencari Ilmu jangan berhenti sampai disini dan amalkan Ilmu walau sekecil apa pun yang kalian dapatkan selama berada di Dayah MUQ Pagar Air

"Jagalah Al-Qur'an yang telah dihafal karena dia akan memberikan energi yang sangat dahsyat kepada kita. Al-Quran bisa menyembuhkan segala penyakit, Al-Quran bisa menenangkan jiwa kita, maka teruslah bersama Al-Quran, ucapnya," pesan Ustaz Sualib. 

Kepada orang tua dan wali santri Ustadz Sualip menyampaikan permintaan maaf bila selama ini belum mampu memberikan yang terbaik sebagaimana yang diharapkan bersama, kadang kala tidak sama pemahaman, tutur kata dan sikap yang kadang tidak berkenan, namun dia yakin memiliki tujuan dan maksud yang sama untuk kebaikan dan kesuksesan santri. 

Sementara Kabid Pontren yang mewakili  Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Dr. H. Muntasyir, S.Ag, MA menyampaikan kepada para hafidz dan hafidzah  yang telah mengkhatamkan Al-Quran 30 Juz tidak hanya mampu menghafal saja tetapi juga harus mampu melancarkan dan menjaganya, karena melancarkan dan menjaga Al-Qur'an itu jauh lebih sulit ketimbang menghafal saja. 

Muntasyir  juga berharap, Dayah MUQ Pagar Air tidak hanya mampu melahirkan lulusan di bidang agama, tetapi harus mampu melahirkan lulusan di bidang umum. "Dengan modal hafalan Al-Qur'an yang mereka miliki akan sangat bermanfaat bagi masyarakat nantinya, mereka akan menjadi pemimpin, paling kecil pemimpin diri sendiri dan keluarga," ujarnya


Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala UPTD Pengelolaan Dayah Perbatasan dan Dayah MUQ Pagar Air, Sufriadi, ST menyampaikan rasa bangga melihat kondisi Dayah MUQ Pagar Air yang terus berbenah ke arah yang lebih baik. Atas keberhasilan dayah dan tata kelola manajemen dayah semakin meningkat, dia haturkan terima kasih kepada Rais 'Am beserta dengan seluruh jajarannya, yang telah bekerja dan mendidik para santri siang dan malam agar berakhlak mulia, dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.

"Kepada para wisudawan dan wisudawati kami mengucapkan selamat dan sukses, serta teruslah bersikap yang terpuji, menjadi panutan bagi masyarakat dan amalkanlah ilmu yang didapatkan selama ini, dan jadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup kalian," ucapnya.

Setelah pembacaan doa oleh Dr. H.A. Mufakhir Muhammad, MA acara dilanjutkan dengan pengukuhan peserta wisuda oleh anggota senat dan diakhiri dengan foto bersama. (Sayed M. Husen)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top