LAMURIONLINE.COM I KOTA JANTHO - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Besar hadir pada rapat pleno rekapitulasi dan penetapan DPT Kabupaten Aceh Besar di Gedung SKB Jantho Aceh Besar, Rabu (21/6). Rapat pleno yang dimulai pukul 15.00 wib ini dibuka langsung oleh ketua KIP Aceh Besar, Muhammad Hayat dan dihadiri seluruh komisioner KIP Aceh Besar. Turut hadir pada rapat pleno ini peserta pemilu, Polresta Banda Aceh, Polres Aceh Besar, kodim, Disdukcapil, Kesbangpol dan kepala lapas Aceh Besar serta PPK. 

Hafidh, Hs Ketua Panwaslih Kabupaten Aceh Besar beserta anggota, Nurhidayati dan Marhami turut hadir mengawasi proses rapat pleno tersebut. Jumlah DPT kabupaten Aceh Besar ditetapkan sebanyak 291.783  pemilih yaitu 143.752 pemilih laki-laki dan 148.031 pemilih perempuan dengan jumlah TPS sebanyak 1.264. Terdapat 206 data anomali hasil temuan atau pencermatan Panwascam dan Panwaslih Kabupaten Aceh Besar yang telah diteliti dan disinkronkan kembali oleh KIP Aceh Besar saat rapat koordinasi persiapan penetapan DPT antara KIP dan Panwaslih kabupaten Aceh Besar tanggal 17 Juni 2023 yang lalu. 



Panwaslih Kabupaten Aceh Besar juga menghimbau kerjasama stakeholder dalam hal ini disdukcapil untuk percepatan perekaman KTP Elektronik (KTP El) bagi pemilih baru yang belum memiliki KTP El demikian juga dengan sejumlah disabilitas yang telah memenuhi syarat memilih namun belum ber KTP El yang ditemukan Panwaslih Kabupaten Aceh Besar ketika patroli pengawasan kawal hak pilih di desa-desa/wilayah Aceh Besar. 

"Mengawal hak pilih adalah bagian dari ikhtiar untuk terus menghasilkan data pemilih yang valid, akurat dan mutakhir," demikian pungkas Nurhidayati, Kordiv HP2H Panwaslih Kabupaten Aceh Besar. *

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top