LAMURIONLINE.COM I KOTA LHOKSEUMAWE - Himpunan Mahasiswa Sosiologi (HIMASOS) Universitas Malikussaleh (UNIMAL) Lhokseumawe menggelar acara Training Dasar Organisasi (TDO)  periode 2023-2024, Jum’at (21/6) di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

TDO kali ini mengusung tema ‘Mewujudkan Oranisator Yang Unggul, Komunikatif, Kreatif, dan Kontribusi’.

Dengan mengundang empat pemateri yang merupakan alumni Sosiologi, diantaranya yaitu Abdul Halim S.Sos, Beni Murdani S.Sos, Muhammad Furqan S.Sos, dan Wiwien Nuzula S.Sos.

Pemateri pertama Abdul Halim S.Sos, yang membicarakan tentang organisasi sesuai dengan tema pada TDO tahun ini 'Mewujudkan Oranisator Yang Unggul, Komunikatif, Kreatif, dan Kontribusi’. Organisasi memiliki arti yaitu suatu kelompok terdiri atas dua atau lebih orang yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu secara bersama. Organisasi ini sangat menarik untuk dibicarakan, tanpa organisasi kita akan sulit untuk berproses dan berpikir kritis. 

“Sesuai dengan tema TDO kali ini, 'Mewujudkan Oranisator Yang Unggul, Komunikatif, Kreatif, dan Kontribusi’. Saya akan membahas mengenai organisasi, organisasi adalah suatu kelompok terdiri atas dua atau lebih orang yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu secara bersama. Organisasi ini sangat menarik untuk di bicarakan, tanpa organisasi kita akan sulit untuk berproses dan berpikir kritis. Selain itu dengan adanya organisasi juga dapat menambah relasi dan jaringan, karena pada saat ini percuma mendapatkan IPK 4 kalau pada akhirnya kembali ke kampung halaman dan tidak bekerja. Oleh sebab itu organisasi sangat penting, akan tetapi harus di imbangi dengan nilai akademik yang bagus pula.” ucap Abdul Halim S.Sos.

Selanjutnya pemateri ke dua, Beni Murdani S.Sos yang berbicara mengenai, Kepemimpinan atau Leadership. Kriteria pemimpin, pertama mempunyai integritas moral, ke dua tidak dibenarkan untuk bersikap arogansi, ke tiga Transparansi dan yang ke empat saling menghargai. 

“Berbicara tentang leadership, maka akan muncul 4 kriteria yang pertama mempunyai integritas moral. Yang artinya memiliki akidah dan kejujuran, karena menjadi seorang pemimpin harus memiliki kejujuran dan akidah. Ke dua, tidak dibenarkan untuk bersikap arogansi, ke tiga Transparansi menjadi seorang pemimpin harus mampu bersikap transparan kepada anggotanya tidak ada yang di tutupi hal itu perlu untuk menjadi bahan evaluasi. Ke empat saling menghargai, ketika kita terlibat dalam satu organisasi maka hal yang wajib kita lakukan adalah saling menghargai satu sama lain, seperti halnya perbedaan agama atau warna kulit. Karena pada dasarnya kita itu sama.” ucap Beni Murdani S.Sos.

Selanjutnya pemateri ke tiga, Muhammad Furqan S.Sos yang berbicara mengenai jurnalistik. Dalam dunia perkuliahan jurnalistik sangat perlu untuk di pelajari. Karena untuk menjadi pemimpin harus banyak menulis dan untuk menjadi aktivis harus menulis.

“Saya yakin semua orang mampu untuk menulis, Jurnalistik ini sangat perlu, walaupun di dalam himpunan kita masih berlangsung selama dua periode akan tetapi memang pada dasarnya jurnalistik sangat perlu. Karena semua hal akan bersangkutan dengan menulis, untuk menjadi pemimpin harus menulis sebanyak-banyaknya, untuk menjadi aktivis harus menulis, maka dengan keahlian itu kita akan lebih mudah untuk mencari pekerjaan.” ucap Muhammad Furqan S.Sos.

Selanjutnya pemateri terakhir Wiwien Nuzula S.Sos, yang akan membicarakan mengenai pentingnya media dalam organisasi. Media adalah seperangkat alat untuk menyampaikan informasi.

“Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa pada saat ini sudah banyak sekali media cetak ataupun elektronik yang memuat berbagai hal, oleh sebab itu kita harus pandai mengeksekusinya.” Ucap Wiwien Nuzula S.Sos.

Pada sesi TDO ini juga berlangsung dengan sangat baik, para pengurus baru HIMASOS periode 2023-2024 mendengarkan dan menyimak serta beberapa kali bertanya mengenai pembahasan. Diskusi ini berjalan dengan lancar, sampai pada akhir sesi foto bersama. (farial mirza/rel))

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top