lamurionline.com -- Indrapuri–Aceh Besar, Study tour merupakan bagian dari metode pembelajaran, yang berusaha memberikan pengetahuan yang komprehensif kepada para siswa tentang sesuatu hal. 

Study Tour adalah kegiatan di luar kelas yang betujuan untuk mempelajari proses yang sebenarnya, tentang orang dan objek. Studi tour diadakan karena kebutuhan siswa untuk mendapatkan pengalaman dari luar sekolah. Hal tersebut diadakan karena tidak mungkin menghadirkan/ memanfaatkan setiap peristiwa kedalam kelas untuk dipelajari dan diamati.

Siswa kelas IX SMP Negeri Ali Hasjmy yang juga merupakan siswa/i alumni ke-3 ini pada hari Jum’at (02/06) melaksanakan kegiatan studi tour ke Sabang selama 3 hari 2 malam mulai dari 2 s/d 4 Juni 2023. 

Sebelum memulai kegiatan study tour, pada hari Jumat pukul 06.00 WIB, para siswa/i berkumpul di depan halaman SMPN Ali Hasjmy untuk pelepasan siswa/i yang tergabung dalam kegiatan ini yang dilakukan oleh Wakil Kepala SMPN Ali Hasjmy (Sabri, S.Pd) dalam sambutannya beliau menyampaikan agar siswa tetap menjaga kesehatan selama studi tour dan menyerap segala informasi yang ditemukan nanti saat studi tour berlangsung dengan mengamati secara langsung wisata yang kalian kunjungi nantinya, di sinilah kita dengan langsung dapat melihat alam sebagai tanda bukti kuasanya Allah SWT dalam menciptakan alam semesta ini.

Setelah para guru dan siswa/i masuk ke dalam bus, selanjutnya kegiatan study tour dimulai dengan melanjutkan perjalanan dari sekolah menuju Pelabuhan Ulee Lheu Sabang untuk keberangkatan menuju pelabuhan Balohan Sabang. 

Program kegiatan studi tour ini rutin dilaksanakan bagi setiap siswa akhir / siswa kelas IX SMPN Ali Hasjmy saat mereta telah menyelesaikan studinya di jenjang SMP. Pada kegiatan studi tour ini seluruh siswa di ajak menyusuri berbagai ragam lokasi wisata seperti; I love sabang, Gua Sarang, KM 0, Iboih, Pulau Rubiah (Snorkeling), Sumur 3, Freddies, UKCC, dan Benteng Anoi Itam.

Jumlah rombongan yang tergabung dalam Studi Tour tahun ini terdiri dari 36 orang diantaranya 18 Guru dan 18 Siswa/i. Pada kegiatan ini siswa dapat memeproleh informasi tentang bagaimana sejarah Sabang melalui guide Teuku Ujang yang juga merupakan pemandu wisata satudi tour SMPN Ali Hasjmy di samping Sabang juga dijadikan sebagai icon wisata internasional. 

Harapan dengan kegiatan ini salah satunya untuk mengajarkan siswa berinteraksi langsung pada lingkungan sebagai sumber belajar, membawa siswa dan guru untuk berekreasi sambil mencari ilmu, serta mengajarkan siswa untuk mengenal lebih dekat tentang alam dan kebudayaan Indonesia. Selanjutnya pengalaman ini menjadi pengalaman pertama bagi para siswa/i dalam mengeksplorisasi wisata Sabang khususnya. 

Dengan adanya kegiatan ini, selain belajar mengenai sejarah dan budaya di wilayah 0 KM Indonesian tersebut, para siswa/i diharapkan mampu untuk saling belajar dalam berdinamika dalam berbagai karakter budaya dan individu manusia di lingkungan sekitar. 

Harapannya, kegiatan study tour ini dapat terus berlangsung agar semakin banyak pengalaman dan pengetahuan yang didapat oleh para siswa/i asal SMPN Ali Hasjmy tersebut selama menempuh pendidikannya di sekolah tersebut.(Muzaris)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top