lamurionline.com -- Medan – Ketua Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Dr. Safriadi, M.Pd diundang sebagai dosen tamu di Prodi MPI Universitas Islam Negeri Sumatra Utara (UINSU) Medan pada Senin, (10/7/23).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Dekan II FTK UIN Ar-Raniry Samsul Kamal, M.Pd dan beberapa dosen lain antara lain, Syafruddin, M.Ag dan Muhammad Rizki, M.Pd.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sumatra Utara Prof. Dr. Tien Rafida, M.Hum. Dalam sambutannya dekan FITK mengatakan Pentingnya program visiting lecture sebagai ajang sharing pengatahun dan hasil penelitian dengan berbagai perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun luar negeri. ia juga menyampaikan terimakasih kepada rombangan FTK UIN Ar-Raniry yang telah bersedia berhadir ke kampus UINSU.

"pentingnya progam visiting lecture sebagai ajang sharing pengatahun dan hasil penelitian dengan berbagai perguruan tinggi dan semoga kuliah tamu pada hari ini memberi manfaat bagi dosen dan mahasiswa kami khususnya pada Prodi MPI,” jelas Prof. Tien.


Ketua Prodi MPI UIN Ar-Raniry Banda Aceh Dr. Safriadi, M.Pd selaku dosen tamu menyampaikan materi tentang Akuntabilitas Pengelolaan Madrasah sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah. Safriadi menjelaskan bahwa dalam membangun lembaga pendidikan termasuk madrasah, pentingnya mengoptimalkan partisipasi seluruh komponen atau stakeholder termasuk masyarakat.

"Peran masyarakat sangat menentukan terhadap kemajuan sebuah lembaga pendidikan. Apalagi lembaga pendidikan Islam sumber pembiayaan yang berasal dari masyarakat sangat berlimpah baik itu dalam bentuk infaq, sadaqah, zakat dan waqaf," Jelasnya

Lebih lanjut Safriadi menegaskan, dalam pengelolaan perlu diterapkan prinsip akuntabel dan transparan. Masyarakat akan berpartisipasi termasuk memberikan sumber pembiayaan jika sudah memiliki kepercayaan terhadap lembaga pendidikan Islam, maka dalam pengelolaan madrasah perlu menerapkan prinsip akuntabel dan transparan. Pengelolaan madrasah yang mampu dipertanggungjawabkan kepada seluruh stakeholder bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan dan partisipasi masyarakat,” tegas Doktor Manajemen Pendidikan tersebut

Kegiatan kuliah tamu tersebut dihadiri oleh Dekan FITK UIN Sumatra Utara, Prof. Dr. Tien Rafida, M.Hum. Ketua Prodi MPI S1, Dr. Syafri Fadillah Marpaung, M.Pd, Dosen dan Mahasiswa MPI FITK UIN Sumatra Utara Medan.(Cek Man/*)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top