LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Forum Ukhuwwah TKQ-TPQ-TQA Kecamatan Indrapuri dan Kuta Cot Glie memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah dengan mengadakan ceramah bagi para santri TPA di kecamatan tersebut. Ceramah diisi oleh Ustad Bahagia Hadi SAg MPd dan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Qaisar Nizar Al-Faruqi di Aula UDKP Kecamatan Indrapuri.

"Kita memberikan pemahaman kepada anak-anak TPA melalui ulasan singkat yang disampaikan ustad penceramah tentang pentingnya momen hari besar Islam," kata Ketua Forum Ukhuwwah, Ahmad Afdhil SE saat ditemui lamurionline.com, Rabu (19/7).

Afdhil menyebut tahun ini peringatan muharram tidak diwarnai dengan pawai karnaval, karena TPA sendiri baru saja aktif kembali usai libur panjang. Selain itu, sebut Afdhil lagi, ada agenda besar lain di kecamatan yang sedang berlangsung, yaitu ajang MTQ Ke IV tingkat kecamatan berpusat di Masjid Besar Abu Indrapuri.

Selain itu, Afdhil juga memberikan apresiasi kepada Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) kecamatan Indrapuri, dimana tahun lalu menjadi donatur dalam pelaksanaan pawai muharram.

Sementara Ketua APDESI Indrapuri, Mahya Zakwan SAg, mendukung penuh setiap kegiatan yang dilaksanakan untuk kemaslahatan ummat. 

“Sama-sama kita bangun generasi menjadi kader terbaik serta mencerminkan masyarakat yang madani” ujarnya.

Camat Indrapuri, Irda Junaidi SE MM, dalam sambutannya menyambut baik setiap kegiatan yang digelar Forum Ukhuwwah kecamatan. Camat selaku pemangku kebijakan di kecamatan terus mendorong perangkat desa untuk memajukan kecamatan, seperti halnya peringatan 1 Muharram.

"Untuk memeriahkan peringatan 1 Muharram itu. Untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa ini adalah bulan Muharram. Karena kenapa, jarang sekali masyarakat itu mengingat itu makanya kita perkenalkan ke masyarakat," terangnya.

"Sebagai umat Islam sudah seharusnya kita menggaungkan tahun bari kita sendiri. Mari kita tetap jalin silaturrahmi dan ukhuwwah. Mari kita bangkit dan majukan Indrapuru," harapnya.




Dengan adanya kegiatan ini, Irda Junaidi berharap para santri bisa semakin giat untuk belajar. Apalagi ini bisa menjadi wadah bagi mereka untuk terus aktif di TPA.

Kegiatan ditutup dengan Ceramah 1 Muharram, dimana ustad Bahagia Hadi dengan ciri khasnya mampu menarik minat anak-anak TPA untuk terus menyimak setiap ulasan yang disampaikan dengan sesekali mengiringinya dengan nada dan syair. 

Usai ceramah, Forum Ukhuwwah juga menggelar rapat koordinasi terkait kepengurusan forum. Diketahui, Ustazah Nuraini terpilih sebagai Plt. Ketua Forum Ukhuwwah Kecamatan.

Reportase: Cek Abrar/Cek Man/ Adia Mirza

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top