lamurionline.com -- Aceh Besar -- Kepengurusan Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Kabupaten Aceh Besar periode 2023-2027 resmi dikukuhkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Besar Salman Arifin atas nama Kepala Kantor Wilayah Kemenag Aceh Azhari di Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah terpadu (PLHUT) Kota Jantho Aceh Besar, Senin (7/8/2023). 

Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kasi Bimas Islam Kemenag Aceh Besar Akhyar M Ali menjelaskan, kepengurusan yang dikukuhkan mengacu pada komposisi yang telah ditetapkan oleh Kemenag pusat yang terdiri dari penasihat, Ketua Umum, dan Ketua Harian yang secara otomatis dijabat oleh Kepala Seksi Bimas Islam Kabupaten/Kota. 

Susunan Pengurus BKM Aceh Besar tahun 2023-2027 terdiri atas Ketua yang dijabat Kepala Kantor Kemenag Aceh Besar Salman Arifin, Ketua Harian dirangkap oleh Kepala Seksi Bimas Islam Aceh Besar Akhyar M Ali, dan sejumlah Wakil Ketua Harian,  H Khalid Wardana SAg MSi, Suryadi SAg, Azzahri SH MH, H Jamaluddin SE, Irwan Barus SAg, Azhari, dan Yusri SAg.   

Kepengurusan BKM dilengkapi Sekretaris M Nur, Bendahara Zakiyah SAg, dan  beberapa bidang seperti bidang idarah yang berkaitan dengan administrasi, bidang imarah yang masjid dapat memberikan kemakmuran bagi seluruh jamaah, dan yang menangani ri’ayah yaitu pemeliharaan masjid yang merupakan rumah Allah Swt.  


Kepengurusan juga mencantumkan beberapa bidang baru, seperti bantuan hukum (advokasi), pemberdayaan perempuan dan anak, humas data dan informasi, kepemudaan dan Remaja Masjid, zakat dan wakaf. 

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kemenag Aceh Besar Salman Arifin menjelaskan, pengukuhan BKM sangat strategis, mengingat masjid yang ada cukup banyak, namun kurang perhatian dan pemberdayaan. “BKM bisa mensejahterakan jamaah dan masyarakat di sekitar masjid seperti yang dilakukan Masjid Jokokaryan di Yogyakarta,” tegasnya. 


“Saya mememinta seluruh pengurus baru yang sebagian besar insan Kemenag untuk mencurahkan segala upaya,  agar organisasi ini bermanfaat bagi umat dan masyarakat,” harap Salman. 

Kakanwil Kemenag Aceh Azhari yang diwakili oleh Ketua Tim Penghulu dan Keluarga Sakinah Bidang Urais Ustaz Khairuddin MA mengungkapkan,  Kemenag Aceh Besar yang perdana melakukan pengukuhan BKM, yang tentu akan menjadi contoh bagi yang lain. “Saya minta seluruh pengurus merencanakan program strategis, sehingga keberadaan BKM betul-betul menjadi acuan dan pegangan bagi umat,” harapnya.  

Kasi Bimas Islam Kemenag Aceh Besar Akhyar M Ali, mendambakan seluruh pengurus BKM berkomitmen memajukan organisasi dan siap mensejahterakan jamaah dan memakmurkan masjid, karena itu tema yang dipilih Mari Kembali ke Masjid".  “Pelantikan seluruh BKM tingkat kecamatan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Agustus 2023 di Masjid Al Faizin Lampeuneurut Aceh Besar,” ujarnya.

 Pelantikan BKM Aceh Besar dihadiri unsur Dinas Syariat Islam Aceh Besar, Dinas pendidikan Dayah Aceh Besar,  dan tamu undangan lainya,  termasuk sesepuh Aceh Besar Drs H Salahuddin. (Sayed M. Husen)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top