LAMURIONLINE.COM I BANDA ACEH - Persiapkan generasi muda yang berintegritas tinggi dan unggul dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dilakukan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh dengan mengadakan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Menengah (LKMM) Tingkat Nasional, Kamis (2/11) yang merupakan pelatihan lanjutan dari Latihan Kepemimpinan Dasar yang telah dilaksanakan pada tahapan sebelumnya.

Kegiatan dengan kepesertaan 70 orang mahasiswa/i dari UIN Ar-Raniry dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) secara nasional ini ditutup pada tanggal 5 November 2023, di Aula BLPP saree - Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Kegiatan dengan durasi waktu 4 (empat) hari ini menyisakan 63 orang peserta yang dinyatakan berhasil melewati pelatihan secara baik. Sebanyak 7 orang dinyatakan gagal atau gugur sebagai peserta pelatihan nasional ini.

Sebagaimana sebelumnya diberitakan oleh awak media, bahwa kepesertaan pelatihan ini selain dari UIN Ar-Raniry, juga dari UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, UIN Sumatera Utara-Medan, IAIN Langsa dan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Dalam Pelatihan ini panitia bersama tim Master of Training mengadakan pemilihan peserta terbaik yang jatuh kepada Putri Ronadzafira sebagai peserta terbaik 1 dari Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry, Terbaik 2 jatuh kepada Nurul Hikmah dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry, Terbaik 3 jatuh kepada Masyitah Intan Khairina dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, dan Juara Harapan Terbaik jatuh kepada Ade Tegar Pramana Sianipar dari UIN Sumatera Utara-Medan.

Penutupan dilakukan oleh Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Dr. Mujiburrahman, M.Ag yang diwakili oleh Wakil Rektor III  Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. Saifullah Idris M.Ag.  Saifullah menyatakan bahwa kegiatan ini adalah rutinitas tahunan dalam rangka mempersiapkan calon generasi penerus estafet kepemimpinan mahasiswa sekaligus mempersiapkan potensi generasi unggul dalam menghadapi dunia nyata setelah selesai mengenyam Pendidikan di jenjang Pendidikan Tinggi. “LKMM adalah kegiatan rutin yang dibuat oleh UIN Ar-Raniry," ungkap Saifullah.

"Untuk mempersiapkan generasi muda yang unggul maka diperlukan persiapan yang matang. Kegiatan latihan kepemimpinan mahasiswa ini menjadi suatu upaya dalam mempersiapkan diri menuju Indonesia emas. Sebagai generasi muda penerus bangsa kalian harus benar-benar matang dalam mempersiapkan diri. Harapannya setelah mengikuti kegiatan LKMM ini dapat melahirkan pemimpin unggul penerus bangsa," lanjut Saifullah.


Dalam laporannya Ketua Panitia, Dr. Sabirin, M.Si menyampaikan suka cita atas selesainya sebuah pelatihan yang cukup bergengsi dikalangan aktifis mahasiswa dalam upaya penguatan kapasitas individu dan kelembagaan, sebagai wadah dan wahana belajar yang kelak akan menjadi pemimpin bangsa di komunitas dan pada berbagai level kepemimpinan yang ada. “Selamat untuk semua yang saat ini sudah selesai mengikuti pelatihan LKMM ini, dengan penuh suka cita, juga terima kasih kepada segenap panitia dan tim Master of Training serta para pemateri yang sangat berkontribusi dalam pelatihan ini,” ujarnya.

Kegiatan LKMM ini haruslah menjadi tonggak estafet kepemimpinan untuk ke depan, dengan berbekal ilmu kepemimpinan dan skills dalam memimpin yang telah dipelajari dan dipraktikkan selama 4 hari di lokasi pelatihan. Segenap pihak menaruh harapan besar kepada 63 orang peserta yang telah mengikuti LKMM dan sudah resmi menjadi alumni LKMM Tingkat Nasional tahun 2023, untuk terus mengepakkan sayapnya dan terus mengasah kemampuannya agar kedepan dapat menjadi pemimpin sesuai dengan harapan Nusa-Bangsa dan Agama. Seorang pemimpin bukan hanya soal kemampuan dalam berbicara, namun lebih penting lagi mewujudkan kata dan menjadi teladan bagi setiap yang dipimpinnya.*

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top