lamurionline.com -- Aceh Besar - Jajaran Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar telah melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) perpustakaan masjid, yang merupakan salah satu tugas dan fungsi Kemenag Aceh Besar. Kegiatan Monev kali ini dilaksanakan pada Rabu, 26 Juni 2024, di Masjid Daruzzahidin Lamceu, Kecamatan Kuta Baro, Aceh Besar.

Pada kesempatan tersebut, tim Bimas Islam yang dipimpin langsung oleh H. Akhyar, didampingi oleh M. Nur dan Ika, mengecek secara langsung keberadaan perpustakaan di masjid tersebut. Perpustakaan Masjid Daruzzahidin menyatu dengan pondok pesantren Daruzzahidin yang dipimpin oleh Tgk. H. Abdul Razak, yang akrab dipanggil Abi, sekaligus dosen UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Tim Bimas Islam memberikan beberapa saran kepada pengelola perpustakaan untuk melakukan pembenahan. Mereka menyarankan agar disediakan petugas khusus yang melayani pembaca dan jika memungkinkan, perpustakaan tersebut ditempatkan di lantai bawah agar lebih mudah dijangkau oleh santriwan dan santriwati. Keberadaan perpustakaan Masjid Daruzzahidin sangat strategis, mengingat lokasinya yang berada di dalam dayah sehingga memiliki pembaca tetap dan permanen. Namun, manajemen dan kenyamanan bagi pembaca perlu dijaga, seperti dengan melengkapi perpustakaan dengan AC dan dukungan internet yang memadai.

Selanjutnya, tim juga melakukan pengecekan terhadap keberadaan masjid karena Masjid Daruzzahidin adalah salah satu masjid yang mendapat bantuan program Masjid Ramah dari Kemenag pusat. H. Akhyar meminta agar bantuan tersebut digunakan untuk kemaslahatan masjid dan mendorong agar masjid tersebut makmur baik dari segi fisik maupun ibadahnya. Pengurus masjid dan pihak yayasan menyanggupi saran yang diberikan oleh tim Bimas Islam.

Dengan adanya kegiatan Monev ini, diharapkan perpustakaan dan masjid Daruzzahidin dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar, khususnya bagi para santri dan jamaah masjid.(Cek Man/*)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top