lamurionline.com -- Aceh Besar -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar akan terus melanjutkan program Khatib Jumat di asrama Batalyon Infanteri 117/KY yang terletak di Gampong Teureubeuh, Kecamatan Kota Jantho. Kesepakatan ini diperoleh dalam pertemuan Hari Raya Idul Adha 1445 H yang dilaksanakan di Masjid Al Ikhlas, kompleks militer tersebut.

Dari pihak Kemenag Aceh Besar, pertemuan ini dihadiri oleh Kasubbag TU H Khalid Wardana, H Akhyar Kasi Bimas Islam, M Nur, dan Mukhlisuddin staf Bimas Islam. Sementara itu, dari pihak Batalyon hadir Letda Kasyif serta bagian kerohanian masjid.

Kemenag Aceh Besar berkomitmen untuk rutin setiap Jumat mengutus penyuluh agama guna bertindak sebagai khatib dan memberikan pembinaan mental spiritual bagi anggota tentara yang tinggal di asrama tersebut. Kerjasama ini telah berlangsung dengan tujuan utama meningkatkan pemahaman agama kedua belah pihak sehingga tercipta ASN dan anggota TNI yang lebih islami.

Sebagai bagian dari dukungan, Kemenag Aceh Besar juga telah beberapa kali membantu pengadaan Al-Quranul Karim, buku metode Iqra, serta kitab Injil bagi anggota non-Muslim.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar, H Saifuddin, SE, terus mendorong para penyuluh dan penghulu untuk melakukan terobosan dan inovasi baru dalam kegiatan penyuluhan. Salah satu terobosannya adalah melakukan penyuluhan di barak militer yang mungkin selama ini tidak tersentuh. Metodologi penyuluhan ini tentunya harus disesuaikan dengan jadwal tugas anggota TNI yang berbeda dengan masyarakat biasa.

Pada kesempatan Jumat yang penuh berkah ini, Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Aceh Besar bertindak sebagai khatib dan imam di masjid yang mayoritas jamaahnya adalah para anggota TNI. Dalam khutbah berdurasi 20 menit, dibahas tentang inovasi Kemenag dalam meningkatkan pelayanan terhadap tamu Allah setiap tahunnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat terus mempererat hubungan antara Kemenag Aceh Besar dengan Batalyon 117/KY serta meningkatkan kualitas pemahaman agama di kalangan anggota TNI.(Cek Man/*)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top