lamurionline.com -- Sinyeu, Aceh Besar - Sayup-sayup terdengar pekikan takbir bersahutan mengalir deras menjelang dini hari tadi. Suara lirih kalimat "Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar" keluar dari bibir mungil anak-anak santri cilik di Gampong Sinyeu, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar. Mereka berjalan santai sembari bertakbir sepanjang ruas Jalan Nasional Banda Aceh - Medan, menarik perhatian masyarakat sekitar.

Tidak sedikit warga yang mengabadikan momen tersebut dengan ponsel pribadi mereka. Saking antusiasnya, banyak di antara mereka yang ikut serta dalam rombongan pawai dengan kendaraan motor, mobil, bahkan ada yang rela berjalan kaki menyusuri lorong gampong.


Meskipun tampak sederhana, hanya berjalan kaki dan setengah perjalanan dilanjutkan dengan becak, pawai takbir keliling Idul Adha 1445 H ini terasa lebih khidmat dan meriah. Anak-anak sampai meminta dua kali putaran demi memuaskan rasa gembiranya. Tidak sedikitpun terlihat gurat letih dan kelelahan di wajah manis mereka. 

Perhatian orang tua serta warga setempat yang mengawal acara sejak pelepasan di Meunasah Gampong Sinyeu hingga berakhir, membuat suasana semakin hangat. Ini akan menjadi tonggak sejarah betapa pentingnya merawat tradisi keislaman dengan menanamkan cinta kepada Allah SWT lewat takbir kepada anak sejak usia dini.


Acara tersebut menjadi lebih sempurna dengan dukungan penuh dari Pak Keuchik dan turut dihadiri perangkat gampong, serta disaksikan langsung oleh ureung tuha dan Teungku Imum syik Gampong Sinyeu. Dalam komentarnya, Teungku Thamren Ali menyampaikan rasa haru dan gembira dengan terlaksananya acara pawai takbir tahun ini. "Seperti hilang rasa dahaga sang pengembara yang menemukan oase di tengah gurun Sahara," ujarnya.

Pawai Takbir Keliling ini dimotori bersama oleh Tgk. Mahdi Yusuf, Ust. Safriansyah Lc., MA., Ust. Riza Rahmat S.Sos, dan Ust. Nazirullah S.S., yang merupakan pengajar tetap di Pengajian Meunasah. Acara ini diikuti oleh santri putra dan putri terbaik Pengajian Ba'da Magrib Meunasah Gampong Sinyeu. Tak terkecuali, turut meramaikan anak-anak generasi penerus masyarakat Gampong Sinyeu yang diharapkan menjadi pribadi shalih dan shalihah berakhlaqul karimah hingga akhir hayat mereka nantinya.

Dengan semangat kebersamaan dan dukungan penuh masyarakat, Pawai Takbir Keliling Idul Adha 1445 H di Gampong Sinyeu menjadi sebuah acara yang penuh makna dan khidmat. Semoga tradisi ini terus terjaga dan mampu menjadi inspirasi bagi generasi selanjutnya.

Penulis: Nazeer Elghazaly S.S., CGHC (Trainer & Hypnotherapist)

Editor : Cek Man

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top