lamurionline.com -- Banda Aceh -- IAT singkatan dari Jurusan Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir adalah salah satu jurusan yang ada di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang sangat banyak diminati dalam Perguruan Tinggi Negeri Islam yang berada di Fakultas Ushuludin dan Filsafat. 

Jika kita membandingkan dengan jurusan-jurusan favorit di UIN Ar-Raniry, IAT Ar-Raniry termasuk salah satu pertimbangan bagi Calon Mahasiswa Baru (CAMABA) yang ingin melanjutkan Studi Pendidikan di bangku perkuliahan Se-Lingkungan Perguruan Tinggi Islam. Jadi tidak heran jika kita melihat Prodi IAT memiliki salah satau mahasiswa terbanyak di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Namun, ada juga Sebagian dari CAMABA yang takut untuk masuk ke Jurusan IAT dikarenakan peluang kerja yang minim menurut mereka. Padahal, Jurusan IAT banyak mengeluarkan orang-orang hebat dan orang-orang yang luar biasa di luar sana. Tidak hanya sebagai pengajar dipesantren dan disekolah bahkan di pemerintahan pun banyak mahasiswa-mahasiswa lulusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir bekerja disana.

Zuhari Alvinda Haris Ketua Umum HMP IAT sempat mengatakan sedikit ceritanya. “Sebelum saya mengambil jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir ini, saya bertanya-tanya kepada diri saya sendiri, jikalau saya selesai dari jurusan IAT apakah saya akan mendapatkan pekerjaan yang mempuni atau tidak ya? Bahkan pertanyaan tersebut masih terlintas sampai saya Semester Dua dibangku Perkuliahan.

Namun, pertanyaan-pertanyaan yang selalu terlintas di benak saya terjawab sudah semuanya setelah saya berada di bangku perkuliahan semester tiga yang pada saat itu saya juga berdikari di dalam dunia organisasi internal dan eksternal kampus. 

Ternyata, disana saya sangat banyak menemui senior-senior yang jauh diatas saya berasal dari jurusan IAT ini menjadi orang-orang yang hebat dan orang-orang luar biasa di luar sana, dan seketika pada saat bersamaan semua pikirain-pikiran yang menghantui saya dulunya menghilang seketika dan menjadi rasa Syukur kepada Allah SWT.”

Nah, Sedikit informasi bagi teman-teman kalau Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir sangat banyak meraih prestasi luar biasa baik dari segi akademik maupun non akademiknya. Bahkan baru-baru ini Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir meraih Juara Dua Lomba Poster Publik dalam ajang lomba Event Nasional. Jika dari segi mahasiswanya jangan ditanya lagi, Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir selalu menjadi Jurusan Terbanyak Se-Fakultas Ushuluddin & Filsafat dan salah satu Jurusan Ter-Favorit Se-UIN Ar-Raniry Banda Aceh. 

Jadi, bagi teman-teman yang masih ragu dalam pengambilan jurusan dalam bangku perkuliahan, jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN Ar-Raniry Banda Aceh menjadi recommended bagi teman-teman disana.(Cek Man/*)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top