LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR
– Dalam rangka memperingati dan memeriahkan tahun baru Hijriah 1 Muharram 1446 H, Forum Ukhuwah TPQ, TPA, dan TQA Kecamatan Indrapuri dan Kuta Cot Glie menggelar kegiatan Pawai 1 Muharram. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 18 TPQ dari kedua kecamatan tersebut. Pawai ini menjadi salah satu agenda tahunan yang rutin diadakan oleh Forum Ukhuwah Indrapuri dan Kuta Cot Glie.

Tahun ini, pawai 1 Muharram mengangkat tema "Tingkatkan Taqwa, Tetapkan Akhlak Mulia, Kuatkan Tali Persaudaraan Antar Sesama". Melalui tema ini, diharapkan dapat memotivasi umat Islam untuk terus meningkatkan ketakwaan, memperkuat akhlak mulia, dan menjalin persaudaraan yang lebih erat. Kegiatan ini merupakan bentuk semangat dan komitmen bersama dalam memperingati tahun baru Hijriah dengan penuh khidmat dan kegembiraan.

Plt. Ketua Forum Ukhuwwah, Ustazah Nur'aini SHi, Sabtu (6/7/2024) mengatakan pelaksanaan pawai ini didanai dari iuran yang dibebankan kepada TPQ peserta dan juga sumbangan dari para donatur yang ada di Indrapuri dan sekitarnya. Hingga saat ini, total dana yang terkumpul baru mencapai 3 juta rupiah dari perkiraan kebutuhan sebesar 15 juta rupiah. Meski demikian, panitia tetap optimis kegiatan ini dapat berlangsung lancar dan meriah dengan dukungan dari berbagai pihak.

Ustadzah Nur'aini, selaku Ketua Forum Ukhuwah sekaligus Ketua Panitia Kegiatan, mengharapkan seluruh masyarakat dapat saling membantu dan mendukung kegiatan keislaman ini. "Kami sangat berharap adanya dukungan dan bantuan dari semua pihak agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang diinginkan," ujar Ustadzah Nur'aini. 

Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari berbagai organisasi dan lembaga seperti IPPEMINDRA, Penyuluh KUA Indrapuri dan Kuta Cot Glie, serta BKPRMI Indrapuri. "Semoga dengan dukungan ini, pawai 1 Muharram dapat menjadi momentum yang berharga dalam mempererat ukhuwah Islamiyah dan meningkatkan semangat kebersamaan di antara umat Islam," ujarnya.

Sementara itu, Camat Indrapuri, Irda Junaidi SE MM didampingi Ketua APDESI Kecamatan Indrapuri, Mahya Zakwan SAg yang ditemui secara terpisah menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan pawai yang digelar Forum Ukhuwwah. Camat Irda berharap melalui momentum muharram ini masyarakat bisa memaknai tahun baru islam sebagai merenung dan memperbaiki diri, meningkatkan ketakwaan dan menjalani kehidupan sesuai dengan ajaran Islam. Pawai ini juga mengingatkan umat untuk memulai tahun baru dengan semangat yang baru dalam beribadah dan berbuat kebaikan.

"Pawai ini menjadi sarana untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama umat Islam. Dengan berkumpul dan berjalan bersama, tercipta rasa kebersamaan dan solidaritas yang kuat," ujar Camat Irda.

"Pawai ini sering turut melibatkan anak-anak dari TPQ, TPA, dan TQA, sehingga menjadi sarana pendidikan dan pengajaran nilai-nilai Islam kepada generasi muda. Melalui kegiatan ini, anak-anak diajarkan tentang pentingnya hijrah, semangat kebersamaan, dan nilai-nilai Islami lainnya. Maka mari kita ramaikan," ajak Camat Irda.

Editor: Cek Abrar

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top