lamurioline.com -- Banda Aceh -- Bidang Inovasi pada Career Development Center (CDC) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melaksanakan Workshop Budaya Inovasi, Bisnis, dan Transformasi Sosial. kegiatan yang mengangkat tema "Peran Inovasi Sebagai Kunci Kemajuan UIN Ar-Raniry Unggul Menuju World Class University" tersebut berlangsung pada Jum'at, 12 Juli 2024 dan menghadirkan narasumber dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Trina Fizzanty, Ph.D.

Ketua Panitia kegiatan Workshop Cut Nur Nabilah Fildzah, S.T. dalam sambutan dan laporannya menyampaikan bahwa Workshop Budaya Inovasi, Bisnis, dan Transformasi Sosial adalah bentuk aksi nyata Bidang Inovasi pada Career Development Center (CDC), pusat pengembangan karir Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. 

Ada 3 point penting dilaksanakannya Workshop Budaya Inovasi, Bisnis dan Transformasi Sosial, diantaranya:

Pertama; dengan hadirnya para Ketua Lembaga, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Prodi serta Para Alumni dan Mahasiswa , Ketua SEMA dan Ketua DEMA Yang bermaksud untuk berdiskusi menyatukan Pemahaman dan Pola Pikir sehingga Bidang Inovasi CDC dapat menyusun strategi untuk Tahapan tindak lanjut. 

Kedua; tujuan pelaksanaan workshop tersebut untuk Memiliki Tolak Ukur Indikator Inovasi untuk Mengukur Capaian Kinerja inovasi, dan;

ketiga; Makna Budaya Inovasi, Bisnis dan Transformasi Sosial adalah Melihat Kehadiran Budaya Inovasi bukan sebagai suatu Hambatan tetapi sebagai Peluang dan Kesempatan. 

Pada workshop perdana ini pada tahap introduce innovation culture dan Fokus kepada Inovasi yang bersifat internal.

Cara pandang inovasi harus diluruskan melalui internal sehingga inovasi memiliki Nilai Feedback dan menjadi Nyata memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul.

Koordinator CDC, Drs. Khatib A Latief, M.LIS dalam sambutannya menyampaikan secara khusus, output Workshop Budaya Inovasi, Bisnis dan Transformasi Sosial dilaksanakan agar Perguruan Tinggi memahami apa yang dimaksud dengan Budaya Inovasi dan Persiapan apa saja yang dibutuhkan pada Indikator Pengukuran Kinerja Inovasi Perguruan Tinggi.

"kegiatan workshop ini penting untuk dilaksanakan dan agar memberikan  indikator Inovasi pada perguruan Tinggi", ucapnya

Sedangkan narasumber, Trina Fizzanty, Ph.D dalam penyampaiannya memberikan banyak hal terkait dengan pengembangan inovasi dalam kegiatan Workshop Budaya Inovasi, Bisnis dan Transformasi Sosial tersebut. Pada tahap awal Trina memperkenalkan Apa yang Dimaksud Budaya Inovasi, terdapat 2 kriteria Inovasi yaitu memiliki bersifat Inkremental (perbaikan berkelanjutan) dan radikal (terobosan baru).

"Sebelum memberi pemahaman inovasi kepada mahasiswa maka pengajar atau dosen terlebih dahulu benar-benar memahami apa itu inovasi dan bagaimana implementasinya", jelasnya

lebih lanjut trina menyebutkan, inovasi adalah Adanya perubahan yang lebih baik dan kreatif yang memiliki impack kepada masyarakat baik secara efesiensi maupun kebermanfaatan dan terukur. Inovasi bukan hanya melakukan research yang membutuhkan biaya yang besar, namun memiliki ide dan mampu dimanfaatkan kepada masyarakat sudah disebut telah ber-Inovasi, contoh nyatanya adalah mahasiswa yang KKN kepada masyarakat dan mampu memberi solusi kepada desa atau perangkat desa itu merupakan inovasi yang Nyata.

"ini merupakan kesempatan yang menarik, pada sesi tanya jawab dan diskusi saya melihat bahwa sudah ada cara berfikir yang inovasi dan mahasiswa yang ber-inovasi secara Privat yang sifatnya Punya percaya diri Pribadi, sehingga langkah dan tahap yang dilakukan ada 4 pilar yaitu: 1. Innovation Culture 2. Instution 3. Organization 4. Policy. pada tahap ke tiga dan keempat yang harus dipastikan Organisasi Manajement Inovasi dan Kebijakan untuk mewadahi Inovasi", jelas Trina yang juga merupakan bidang ahli sebagai Tim Penilai Manajemen Inovasi dan Bisnis R&D Se-Indonesia.

Adapun pada workshop budaya inovasi, bisnis dan Transformasi Sosial tersebut mengundang peserta yang beragam, mulai dari kepala lembaga, Dekan, Ketua Prodi, Para dosen bahkan mahasiswa dan Alumni. Selain itu juga hadir dari tim CDC: Cut Nur Nabilah Fildzah, S.T, (Bidang Inovasi dan Ketua Panitia) Muhammad Rizki S. Pd. I., M.Pd (Bidang Inovasi), Dr. Sufriadi, Usfur Ridha, M. Psi., Psikolog., dan Rosmanidar, S.E., M.M.(MRA/Cek Man)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top