Oleh: Juariah Anzib, S.Ag

Penulis Buku Menapaki Jejak Raaulullah Dan Sahabat


Banyak orang menuntut ilmu di berbagai lembaga pendidikan untuk mendapatkan pengetahuan sebagai kebutuhan kehidupan. Dengan ilmu akan terangkat derajat dirinya menjadi terhormat dan disegani banyak orang. Tanpa berpikir tujuan utama dari menuntut ilmu. 

Namun, orang yang menuntut ilmu karena mencari ridha Allah akan mendapatkan keberkahan dari ilmunya. Ia mampu mencapai keberhasilan dan kesuksesan dengan gemilang, menjadi benteng pertahanan diri untuk menjalani mahligai kehidupan duniawi dan ukhrawi. 

Dalam bukunya La Tahzan, Dr. 'Aidh al-Qarni menyebutkan, diantara bukti keberkahan ilmu adalah, semakin berilmu seseorang akan semakin rendah hatinya. Ibarat mutiara mahal yang berada di dasar lautan, maka nilainya semakin tinggi dan berharga. 

Ia menyadari, ilmu adalah anugerah Allah yang diterimanya dengan amanah. Memanfaatkannya sebagaimana tuntunan dan tuntutan agama.  

Semakin tinggi ilmu seseorang akan semakin bertambah amal ibadahnya. Semakin takut kepada Allah dan penuh kehati-hatian dalam bertindak dan berbuat. Menjaga lisan dengan ucapan yang baik  dan menjaga hati agar tidak terbalik dari keimanan. Memanfaatkan waktu untuk terus berpacu dalam ketaatan. 

'Aidh al-Qarni menulis, semakin bertambah umur  akan semakin berkurang ketamakan seseorang, sebab ia menyadari dirinya akan semakin dekat dengan perjalanan akhir. Tahapan demi tahapan kehidupan yang dijalaninya sebagai keyakinan yang pasti terjadi, karena kematian adalah tujuan akhir dari rangkaian  perjalanan kehidupan dunia.

Semakin bertambah harta akan semakin dermawan. Menafkahkan harta dijalan Allah dengan ketulusan tanpa ria, karena ia memahami harta hanyalah titipan. Kesempatan untuk berbagi sesama demi mendapatkan penilaian dari Rabbnya. 

Orang berilmu tidak mengharapkan pujian dari manusia, tetapi status kehormatan dalam kehidupan dengan sendirinya akan diperoleh tanpa berharap. Kemuliaan dari keberkahan ilmu akan mengantarkan dirinya ke derajat yang tinggi. 

Hal tersebut sesuai dengan firman Allah Swt di dalam Al-Quran surah Al-Mujadalah ayat 11, "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi illmu pengetahuan beberapa derajat."

Jadi tanpa ilmu manusia buta, tanpa harta manusia sengsara. Gunakan kesempatan mencari ilmu untuk mendapat ridha Allah. Ilmu yang berkah adalah ilmu yang bermanfaat bagi orang lain.

Editor: Sayed M. Husen

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top