Angkat Tema "Peran dan Fungsi FKUB dalam merawat Kerukunan Umat Beragama di Aceh Singkil"

lamurionline.com -- Singkil - Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Aceh Singkil Talkshow di Radio Republik Indonesia (RRI) dan angkat tema "Peran Dan Fungsi FKUB dalam merawat Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Aceh Singkil, Jum'at 12/07/2024.

Kegiatan talk show itu di hadiri oleh 3 Pengurus FKUB Aceh Singkil yaitu Ketua FKUB Aceh Singkil, Drs. H. Ramlan, Mustafa, SE.,MM Wakil Sekretaris FKUB Aceh Singkil dan Cocok Hariadi Manik anggota FKUB Aceh Singkil perwakilan Katolik.

Pada Kesempatan itu Ketua FKUB Aceh Singkil Drs. H. Ramlan mengurai Peran dan Fungsi FKUB Dalam rangka merawat Kerukunan umat beragama di Aceh Singkil.


Adapun tugas FKUB Aceh Singkil sesuai dengan Qanun Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Pedoman Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama dan Pendirian Tempat Ibadah adalah :

1. Melakukan dialog dengan Tokoh lintas Agama

2. Mensosialisasikan Regulasi dan Peraturan terkait kerukunan umat beragama.

3. Menyerap aspirasi dari Organisasi Masyarakat dan Agama.

4. Menyampaikan Aspirasi Kepada Pemerintah.

5. Merekomendasi Izin Pendirian Rumah Ibadah.

Bahwa  tugas FKUB tersebut sudah kita jalankan sesuai dengan amanah Qanun Aceh Nomor 4 Tahun 2016 ujarnya.

Program yang sudah kita laksanakan mulai dari membangun dialog dengan Tokoh Lintas agama, melahirkan Forum Pemuda Lintas Agama ( Pelita ), mensosialisasikan regulasi dan aturan tentang menjaga kerukunan umat beragama.

Dan saat ini kita sedang melakukan program FKUB masuk kampus dalam rangka mensosialisasikan kerukunan umat beragama dan Penguatan Moderasi beragama bagi mahasiswa.

Kemudian Cocok Hariadi Manik selaku anggota FKUB Aceh Singkil perwakilan dari Katolik menambahkan bahwa peran dan fungsi FKUB ini sangat dibutuhkan oleh umat beragama dalam rangka menjaga agar umat tetap bisa harmoni.

Sebab dengan adanya FKUB ini dapat menjembatani komunikasi baik antar umat beragama, internal umat beragama dan umat beragama dengan pemerintah apabila ada gesekan terjadi.

Semoga kerukunan umat beragama di Aceh Singkil ini tetap bisa terbina dengan baik dan dapat mewujudkan kerukunan umat beragama yang abadi.(Mustafa N)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top