lamurionline.com -- Singkil - Tepatnya di Kampung Kilangan Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil ada dua keajaiban di sini, yang pertama adalah sungai yang terpanjang di Aceh yaitu sungai Singkil yang hulunya sampai ke Sungai Alas Kota Cane Kabupaten Aceh Tenggara dan Keajaiban satu lagi adalah Jembatan Singkil - Kuba yang merupakan jembatan terpanjang di Aceh yang melintang di atas sungai Singkil serta menghubungkan Kecamatan Singkil dan Kayu Menang Kecamatan Kuala Baru.

Dipinggir sungai Singkil yang terpanjang di Aceh serta dibawah jembatan Singkil Kuba  itu rupanya ada warung tempat menikmati sarapan pagi yang menyajikan menu legendaris yaitu " Katan Bubur Goreng Pisang " 

Mustafa Naibaho Salah satu pengunjung sekaligus pecinta kuliner makanan legendaris (Katan Bubur Goreng Pisang)  itu mengatakan bahwa kita sebagai generasi Muda Aceh Singkil mesti dapat melestarikan kembali kuliner Aceh Singkil ini dengan selalu mempromosikan dan mengangkatnya untuk menjadikan menu utama dan makanan favorit untuk saat ini.

Dengan begitu nama Aceh Singkil selain terkenal dengan ulamanya juga dapat terkenal dengan kearifan lokalnya yaitu kulinernya.

Pagi itu Selasa, 02/07/2024 Mustafa bercerita sambil menikmati makanan legendaris Singkil itu, sekaligus juga dapat menatap wajah hutan tropis yang di lindungi yang terletak di seberang sungai tersebut.

Pagi-pagi ba'da shalat shubuh warung yang menyajikan " Katan Bubur Goreng Pisang " itu sudah buka sehingga tatkala para jamaah shalat shubuh pencinta makanan legendaris itu yang hendak mencari sarapan pagi sudah tersedia di warung tersebut yang sekaligus juga sini dapat menyalurkan hobi mancing.

Sebab warung terletak dipinggir sungai Singkil itu yang airnya cukup mengalir deras, sehingga sambil sarapan Katan bubur juga dapat menikmati mancing mania.

Memang menjadi daya tarik tersendiri ketika ada warung ditepian sungai yang luas dan menyajikan menu sarapan legendaris yang yaitu katan bubur serta goreng pisang yang dapat dinikmati ditepian sungai yang sejuk nan asri itu.

Itulah Singkil yang sejak dulu sudah mendunia yang dulunya terkenal dengan kayu dan hutannya, serta lahir pula sosok ulama yang terkemuka yaitu Syeikh Abdurrauf As-singkili.

Semoga Singkil terus mendunia dan semakin jaya, masyarakatnya yang ramah dan santun serta memegang teguh agama serta bertatakrama pula.(Mustafa N)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top