lamurionline.com -- Singkil - Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Aceh Singkil gelar peringatan 1 Muharram 1446 H tingkat Kabupaten Aceh Singkil. Senin 15/07/2024

Peringatan Tahun baru Islam 1 Muharram 1446 H itu dikemas dengan tausiyah agama yang di sampaikan oleh Ust. Drs. H. Ramlan Anggota MPU Provinsi Aceh.

Turut hadir dalam kegiatan peringatan tahun baru Islam 1446 H itu, PJ Bupati Aceh Singkil yang diwakili oleh Assisten 2, Forkompinda Aceh Singkil, para Kepala SKPK, Camat,  Ketua BKM Masjid Agung Nurul Makmur, Imam Besar Masjid Agung Nurul Makmur Aceh Singkil, Pengurus BKPRMI Aceh Singkil, Pengurus DMI Aceh Singkil dan masyarakat lainnya.

Dalam laporannya Ketua PHBI Aceh Singkil Dr. T. Syahminan, MA menyampaikan bahwa bulan Muharram merupakan bulan yang memiliki pengaruh besar pada sejarah kehidupan umat Islam. Suatu bulan yang menjadi pembuka dalam kalender Islam.

Bulan Muharram juga bulan yang penuh sejarah, dimana banyak peristiwa penting sebagai bukti kebesaran Allah SWT. Ia salah satu dari 4 bulan yang dimuliakan Allah SWT, sebagaimana yang tercantum dalam surat At-Taubah ayat 36:

Kemudian seyogyanya kegiatan peringatan tahun baru Islam 1446 H ini dilaksanakan pada tanggal 1 Muharram 1446 H, dikarenakan ada sesuatu hal maka peringatan itu baru dapat di laksanakan pada saat sekarang ini.

Semoga kegiatan Peringatan Hari Besar Islam seperti ini juga dapat dilaksanakan baik di tingkat Kecamatan maupun Tingkat Kampung dalam rangka syiar Islam.

Sementara dalam sambutan dan arahan Bapak PJ Bupati Aceh Singkil yang di sampaikan oleh Ketua MPU Aceh Singkil H. Rosman Hasmy mengharapkan dengan memperingati 1 Muharram ini mari kita teladani sejarah yang terkandung di dalamnya.

Dengan kita peringati tahun baru Islam 1 Muharram 1446 H ini kita dapat bertindak dengan suasana yang baru dan suasana yang berkemajuan.


Untuk itu mari kita bangun negeri ini dengan bahu membahu, umara dengan ulama saling bergandengan, dan masyarakat dengan penguasa untuk membangun negeri kita ini.

Kita sadari bahwa kita banyak mengalami kendala dari tahun ke tahun untuk itu mari kita saling bekerjasama sesuai dengan tupoksi kita masing-masing.

Sementara dalam tausiyahnya Ust. Ramlan menyampaikan bahwa biasanya perhatian 1 masehi hiruk pikuk di peringati oleh sebagian manusia ini.

Alhamdulillah sudah ada larangan tentang perayaan tahun baru Masehi itu sehingga sepertinya sudah tidak ada lagi kegiatan perayaan pergantian tahun baru Masehi.

Sementara ironinya ketika perayaan pergantian  tahun baru Islam kita malah lupa tidak teringat. Untuk itu ust. Ramlan mengajak agar dapat membudayakan perayaan peringatan tahun baru Islam seperti yang di gelar pada malam ini.

Sehingga tambah ust. Ramlan mengharapkan agar kita tidak lupa dengan nama-nama dan penanggalan bulan hijriah ini.

Untuk itu pada bulan Muharram ini kita di anjurkan untuk perbanyak amalan shaleh  berzikir, bersedekah, berinfaq, berpuasa, bersilaturahim dan amalan-amalan lainnya.(Mustafa N/Cek Man)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top