Oleh: Juariah Anzib, S.Ag

Penulis Buku "Menapaki Jejak Rasulullah Dan Sahabat"


Wanita adalah makhluk indah yang penuh kelembutan. Keindahan wanita tidak hanya terlihat dari bentuk fisik yang Allah ciptakan, tetapi juga dari keindahan ruhani yang mendukung kesempurnaannya. Dalam Islam, keindahan lahir batin merupakan ciri khas seorang wanita.

Dalam bukunya "Fiqih Wanita", Dr. Yusuf Al-Qaradhawi menyebutkan, Islam terus-menerus memperhatikan kaum wanita. Islam menjaga kelembutan dan kecantikan wanita sehingga semakin indah dan mempesona. Wanita diperbolehkan memakai perhiasan seperti emas dan sutra yang tidak diperbolehkan dipakai oleh kaum pria.

Wanita tidak diperbolehkan memakai benda-benda yang bertentangan dengan sifat kewanitaannya, begitu pula dengan gerak-gerik dan tingkah lakunya. Wanita Islam memiliki pribadi yang lemah lembut dalam bersikap, berbicara, dan beradab.

Untuk menjaga kewibawaan wanita, Islam melarang wanita memakai pakaian laki-laki dan sebaliknya. Sebagaimana sabda Rasulullah saw, "Allah mengutuk laki-laki yang berpakaian seperti wanita dan wanita yang berpakaian seperti laki-laki." Maka sangat tidak sesuai jika wanita baik-baik bersikap seperti laki-laki.

Dr. Yusuf Al-Qaradhawi menulis, mengingat kaum wanita itu lemah, Islam mewajibkan laki-laki untuk menafkahinya, baik itu ayah, suami, anak laki-laki, maupun saudara laki-laki. Wanita pada dasarnya tidak dituntut untuk mencari nafkah.

Namun, terkadang kehidupan yang penuh konflik menyebabkan wanita harus bersaing dengan kaum laki-laki untuk mendapatkan kebutuhan. Konflik dapat disebabkan karena sudah tidak memiliki ayah, suami, saudara laki-laki, atau anak laki-laki yang akan mengurusnya, sehingga mengakibatkan ia harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Menurut Dr. Yusuf, Islam sangat melindungi moral dan kesusilaan wanita. Islam menjaga kesucian, nama baik, dan martabat kewanitaan. Wanita juga menjaga dirinya dari tindakan yang membahayakan jiwanya.

Islam tidak melarang wanita untuk berbicara. Sebaliknya, di dalam Al-Quran Allah SWT memerintahkan wanita untuk berdakwah, berbicara dengan kata-kata yang baik, sopan, dan seperlunya.

Islam sangat menghormati kaum wanita. Mereka adalah pelengkap bagi kaum laki-laki, saling mendampingi sebagai pasangan yang dibutuhkan. Wanita lembut sesuai jiwanya yang lemah, namun fisiknya sekuat baja. Di balik deraian air matanya, tersimpan kekuatan yang sangat kokoh, sabar, tegar, dan setia.

Islam sangat menganjurkan untuk memperlakukan wanita secara baik. Maka, hormatilah kaum wanita sebagai insan yang dimuliakan Allah.

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top