LAMURIONLINE.COM I ACEH - Zam Zam Khalila merupakan mahasiswi program studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan, Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh. Khalila lahir di Suka Mulia, Kecamatan Bendahara, Aceh Tamiang pada 16 Juni 2003, yang merupakan putri ketiga dari pasangan suami istri Bapak Abdul Jalil dan Ibu Suaibah.

Wanita yang akrab disapa Lila ini dikenal sebagai aktivis perempuan berprestasi. Khalila pernah menjabat sebagai Bendahara Umum Senat Mahasiswa UIN Ar-Raniry 2023/2024, Ketua Kohati HMI Komisariat FISIP UIN Ar-Raniry 2023/2024, Kementrian Pemberdayaan Perempuan Dewan Eksekutif Mahasiswa UIN Ar-Raniry 2022/2023 dll. Khalila juga memiliki pengalaman dalam bidang Ambassador & Pagent yaitu sebagai DUTA FISIP UIN Ar-Raniry 2021, Wakil 1 Duta Gender UIN Ar-Raniry 2022, Duta Wisata Kabupaten Aceh Tamiang 2023, Putri Budaya Aceh 2023, Putri Budaya Indonesia Ekonomi Kreatif 2023. Sehingga nama Zam Zam Khalila pun memang sangat familiar di kalangan pemuda/i Aceh, khususnya Mahasiswa/i UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Puluhan prestasi tingkat Daerah yang ia raih sudah tak terhitung lagi, sedangkan di Tingkat Nasional ia pernah meraih penghargaan sebagai Terbaik 2 Dai Mahasiswa OASE PTKI/N Se-Indonesia 2021, Terbaik 1 DIKLATPIMNAS III PTKI/N Se-Indonesia 2022, Terbaik 1 LKMM Tingkat Nasional 2022, Awardee 100 Pemuda/i Terbaik Program Bawa Ide 2023, Putri Budaya Indonesia Ekonomi Kreatif 2023 dan lainnya. Ia juga telah beberapa kali mengikuti kegiatan International salahsatu International Conference And AMAN (The Asian Muslim Action Network) Assembly 2023 dll. Hal ini lah yang menghantarkan Khalila meraih Anugerah Penghargaan Mahasiswa Berprestasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. 

Khalila merupakan pribadi yang senang belajar dan menyukai tantangan sehingga dengan pengalaman dan prestasi nya serta ketertarikannya terhadap Sustainable Development Goals (SDGs) ia lolos dan terpilih sebagai Delegasi International Youth Exchange and Conference (IYEC) Chapter Singapura, Malaysia dan Thailand yang akan diselenggarakan oleh Indonesian Youth Action. Kegiatan ini di adakan pada tanggal 23-31 Mei 2024 di Malaysia, Thailand dan Singapure dengan mengusung tema “Empowering Youth for Global Impact”

Kegiatan ini bertujuan Mendukung Percepatan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), Memperkenalkan beragam budaya nusantara kepada global, Mengembangkan jiwa kepemimpinan dan inovasi pemuda pemudi Indonesia dalam menempatkan diri dengan budaya asing, Ruang Refleksi dan Proyeksi peradaban bangsa Indonesia, Sebagai wadah pengembangan softskill dalam menghadapi disrupsi dunia kepemudaan yang kian kompleks.

“Pastinya sangat bersyukur dan senang sekali dapat terpilih sebagai salahsatu peserta dalam kegiatan International Youth Exchange dan Conference ini yang dimana saya bertemu dengan pemuda/i terbaik dari seluruh penjuru Indonesia kemudian berbagi ide serta gagasan dalam implementasi SDGS (Sustainable Development Goals) dan pastinya saya juga pengalaman baru yang luarbiasa selama di tiga negara ini, serta dapat secara langsung memperkenalkan budaya Indonesia ke manca negara,” ujar Lila kepada media ini, Senin (1/7/2024)

"Harapannya semoga kegiatan pertukaran pemuda ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi diri sendiri, lingkungan sekitar serta menjadi motivasi lebih untuk saya maupun pemuda/i lainnya untuk dapat memberikan kontribusi terbaiknya sebagai pemuda bagi daerah nya masing-masing khususnya dan Indonesia umumnya," ucap Khalila.

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top