lamurionline.com -- Aceh Besar -- Dalam rangka mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tiga dosen FKIP Universitas Syiah Kuala melakukan penelitian di MAN 1 Aceh Besar dengan judul : Pemetaan Tingkat Pengetahuan Kearifan Lokal Mitigasi Bencana Pada Generasi Z SMA / MA di Provinsi Aceh.

Mereka adalah Ketua Tim Peneliti: Dr. Ahmad Nubli Gadeng, S.Pd, M.Pd, Anggota pertama: Ruliani, S.Pd, M.Pd, keduanya merupakan dosen dengan jabatan fungsional asisten ahli dari Jurusan Pendidikan Geografi dan Anggota kedua Maya Safhida, M.Pd, M.Pd, dosen dengan jabatan fungsional asisten ahli dari Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia.

MAN 1 Aceh Besar merupakan salah satu sampel dari beberapa sekolah /madrasah yang ada di provinsi Aceh. Sebanyak 60 siswa peminatan IPS yang terbagi dalam 2 rombel mengisi kuisioner yang dibagikan tim peneliti.


Untuk diketahui, sebelumnya tim peneliti sudah melakukan penelitian di beberapa kabupaten, mulai dari Kabupaten Aceh Barat mewakili kabupaten kota di Aceh bagian barat selatan, Kabupaten Pidie dan Kabupaten Aceh Besar mewakili kabupaten kota di Aceh Bagian Utara Timur.

Penelitian dilakukan untuk mengetahui tingkat pengetahuan kearifan lokal masyarakat Aceh untuk Mitigasi Bencana Pada generasi Z SMA/MA Provinsi Aceh, mengingat sangat banyak kearifan lokal masyarakat Aceh yang bermanfaat untuk mitigasi bencana, akan tetapi hal tersebut tidak disadari dengan baik oleh masyarakat, begitu yang dituturkan oleh Ketua Tim Peneliti.

Pelaksanaan penelitian didampingi langsung oleh Wakil Kepala Madrasah bidang HUMAS, Satria Ahmad, S.Ag, M.Ed dan guru mata pelajaran Geografi, Suriyanti, S.Pd, M.Si, karena dalam mata pelajaran geografi di SMA/MA terdapat materi pembelajaran Keragaman Budaya Indonesia dan Mitigasi Bencana Alam di semester genap kelas XI SMA/MA.(Cek Man/*) 

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top