LAMURIONLINE.COM I BANDA ACEH – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh kembali menunjukkan komitmennya dalam peningkatan kualitas akademik dengan mensubmit tiga jurnal ilmiah ke Scopus. Kegiatan ini berlangsung pada Kamis (15/8/2024) di gedung PTIPD UIN Ar-Raniry, yang dipimpin langsung oleh Rektor Mujiburrahman.

Ketiga jurnal ilmiah yang disubmit adalah Jurnal Didaktika dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Jurnal Al-Ijtimaiyyah dari Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi, serta Jurnal Media Syari’ah dari Fakultas Syariah dan Hukum.

Dalam arahannya, Rektor Mujiburrahman menyampaikan rasa bahagianya atas pencapaian ini dan memberikan apresiasi khusus kepada Kepala Rumah Jurnal UIN Ar-Raniry beserta tim pengelola. 

“Kami sangat bahagia dan berterima kasih atas konsistensi kerja Kepala Rumah Jurnal, Prof Mursyid Djawas dan tim. Ini merupakan kali kedua kita secara formal mensubmit jurnal ke Scopus. Semoga setiap tahun kita bisa mensubmit tiga hingga lima jurnal ke Scopus,” ujarnya.

Rektor Mujiburrahman juga berharap konsistensi ini dapat terus berlanjut di tahun-tahun mendatang. Ia menambahkan, "Apa yang dilakukan oleh Rumah Jurnal ini tidak dilakukan di tempat lain. Kegiatan seperti ini dipantau oleh kementerian, terlebih dengan kehadiran tim eselon 1 yang masih muda dan energik yang memantau kegiatan PTKIN di seluruh Indonesia," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Rumah Jurnal UIN Ar-Raniry, Mursyid Djawas, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan mutu jurnal di lingkungan UIN Ar-Raniry.

"Kegiatan ini dilaksanakan secara berkelanjutan setiap tahun di awal semester, dengan target tiga hingga lima jurnal untuk disubmit ke Scopus," ungkap Prof Mursyid.



Mursyid menyampaikan bahwa saat ini UIN Ar-Raniry menempati peringkat pertama di antara Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dengan jumlah jurnal terindeks Scopus terbanyak, yaitu sebanyak 5 jurnal. Selain itu, UIN Ar-Raniry juga berada di posisi kedua sebagai PTKIN dengan jumlah total jurnal terakreditasi terbanyak, mencapai 44 jurnal.

Dengan pendampingan dan kerja keras tim Rumah Jurnal, diharapkan ketiga jurnal yang disubmit kali ini dapat lolos dan terindeks di Scopus, yang akan semakin meningkatkan reputasi akademik UIN ArRaniry di kancah internasional.*

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top