lamurionline.com -- Singkil - Dalam rangka tingkatkan kapasitas imam Masjid Kampong Pengurus DMI Aceh Singkil laksanakan pelatihan para Imam Masjid Kampong Tahun 2024.

Kegiatan pelatihan imam masjid ini di laksanakan di Masjid Agung Nurul Makmur Aceh Singkil. Selasa 27/08/2024.

Kegiatan yang dilaksanakan satu hari itu mengangkat tema " Tingkatkan Kapasitas Imam Masjid Kampong Untuk Kemandirian Umat ".

Adapun jumlah peserta yang di latih dalam kegiatan ini sebanyak 27 Imam Masjid Kampong dari 3 kecamatan, Yaitu Kecamatan Singkil, Kecamatan Kuala Baru dan Kecamatan Singkil Utara.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan itu, Ketua DMI Aceh Singkil, Kepala Kankemenag Aceh Singkil yang di wakili Kepala KUA Simpang Kanan, Imam Masjid Agung Nurul Makmur dan pengurus DMI Aceh Singkil.

Dalam arahan sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut Ketua DMI Aceh Singkil H. Muhammad Hilal, SH.,M.Si menyampaikan bahwa pelatihan imam masjid ini adalah hasil rapat kerja daerah DMI ke 2 Tahun 2024 dan menjadi salah satunya program DMI Aceh Singkil tahun 2024.

Sekedar informasi bahwa sebelumnya DMI Aceh Singkil juga sudah  melaksanakan pelatihan dan pembentukan Baitul Mal Kampung.

Mengingat keterbatasan anggaran kegiatan pelatihan masjid ini baru bisa kita laksanakan untuk 3 Kecamatan dulu dan insyaallah nanti akan kita gelar di kecamatan lainnya.

Pelatihan imam ini juga sangat penting dan strategis dalam rangka memberikan pembekalan dan juga pemahaman pengetahuan tentang imam dalam rangka meningkatkan kapasitasnya sehingga diharapkan jamaah lebih nyaman.

Dan imam ini juga bukan hanya sebagai pemimpin jamaah saja dalam shalat tapi juga dapat menentukan sah tidaknya shalat dalam berjamaah.

Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan imam ini dapat tingkatkan pahamamann pengetahuan tentang imam, baik secara Fikih dan Bacaan shalat atau tahsin.

Juga dengan pelatihan ini kami harapkan nanti peserta dapat mendiskusikan dengan nara sumber tentang fikih shalat dan juga Bacaan shalat.

Adapun yang menjadi Narasumber pada kegiatan ini adalah Kepala Kantor Kemenag Aceh Singkil yang di sampaikan oleh Ust. Ajizar, S.Ag dan Dari MPU Aceh Singkil yang disampaikan oleh Ust. Umma Abidin, M.PdI.(Mustafa N/Cek Man) 

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top