LAMURIONLINE.COM I THAILAND - Sebanyak 20 mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Ar-Raniry mengikuti Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) di Tham Islam Suksa School, Kota Yaha, Provinsi Yala, Thailand. 

Kegiatan yang berlangsung mulai 9 hingga 27 September 2024 ini merupakan bagian dari upaya memperluas pengalaman internasional bagi para mahasiswa.

Dari jumlah peserta tersebut, 17 mahasiswa merupakan perempuan, sementara tiga lainnya laki-laki. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Dekan FAH, Syarifuddin, MAg PhD turut didampingi koordinator lapangan Zuniar, MM serta Sumardi MA dan Ruhamah MA selaku supervisor.

Program KPM Internasional ini merupakan hasil kerja sama antara Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan Tham Islam Suksa School, di bawah koordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Ar-Raniry. 


Dekan FAH, Syarifuddin, mengatakan, program ini memiliki beberapa tujuan utama, di antaranya mempererat hubungan humanistis, mensyiarkan ajaran Islam melalui pengajaran, serta memberikan wawasan kepada mahasiswa terkait peradaban Islam di Thailand Selatan.

"Melalui program KPM ini, kami berharap mahasiswa dapat memperluas pengalaman internasional mereka sekaligus memahami dinamika Islam di wilayah Asia Tenggara, khususnya di Thailand Selatan," ujar Syarifuddin.

Selain itu, para mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang mereka pelajari di UIN Ar-Raniry, serta memperkenalkan budaya dan kuliner khas Aceh kepada masyarakat setempat. 

Lebih lanjut, kegiatan pengabdian ini tidak hanya berlangsung di Tham Islam Suksa School, tetapi juga akan dilakukan di wilayah Patani dan Songkhla.*

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top