Siswa SMA Negeri 15 Adidarma Banda Aceh melakukan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2024/2025 di halaman sekolah tersebut, Kamis  (26/09/2024).

LAMURIONLINE.COM | BANDA ACEH - SMA Negeri 15 Adidarma Banda Aceh, menyelenggarakan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2024/2025 di halaman sekolah tersebut, Kamis  (26/09/2024).

Pembina OSIS, Maya Putri, S.Pd mengatakan pemilihan tersebut dilakukan melalui proses demokrasi yang memberikan kesempatan bagi setiap siswa-siswi SMA Negeri 15 Adidarma untuk berpartisipasi secara aktif dalam pemungutan suara. 

Kegiatan itu juga sebagai bagian dari penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada tema suara demokrasi. Para siswa-siswi sangat antusias mengikuti serangkaian tahapan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS tersebut.

Proses demokrasi itu memberikan kesempatan bagi setiap siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam pengambilan keputusan. Pemilihan dimulai pukul 10.00– 12.00 WIB dilanjutkan dengan perhitungan suara pada pukul 12.10 WIB.

“Melalui pemilihan ini, siswa diajak untuk berpikir kritis, mengevaluasi, dan memilih calon pemimpin yang dianggap mampu mewakili aspirasi dan kepentingan siswa secara luas. Suara mereka menjadi manifestasi dari semangat demokrasi yang harus dijunjung tinggi sebagai wujud dari sikap mencintai tanah air dan bangsa,” kata Maya Putri.

Kepala SMAN 15 Adidarma Bapak Zulfikar,SE.,M.Si dalam sambutannya menjelaskan pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS periode 2024/2025 merupakan wujud penanaman demokrasi sejak dini. Selain itu merupakan momen penting dalam kehidupan sekolah. 

Menurutnya proses demokrasi dalam pemilihan ini tidak hanya melibatkan para kandidat yang berlomba untuk jabatan, tetapi juga melibatkan seluruh anggota sekolah yang berhak memberikan suara. 

“Suara demokrasi ini merupakan representasi dari kehendak dan aspirasi para siswa, sekaligus menjadi cermin dari karakter mereka sebagai pelajar Pancasila,” kata Zulfikar.

Sebelum memasuki puncak kegiatan pemilihan, beberapa hari sebelumnya telah dilakukan rangkaian kegiatan sebagai tahapan dalam pelaksanaan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS yaitu sebagai berikut pendaftaran bakal calon ketua dan wakil ketua OSIS serta pengumpulan berkas, pemeriksaan dan verifikasi berkas bakal calon ketua dan wakil ketua OSIS.

Kemudian pengumuman bakal calon dan penetapan nomor urut bakal calon, penyampaian visi-misi bakal calon, penetapan calon ketua dan wakil ketua OSIS serta penetapan nomor urut calon.

Selanjutnya pemilihan dan perhitungan suara dan pengumuman ketua dan wakil ketua OSIS terpilih periode 2024/2024.

Berdasarkan beberapa tahapan tersebut ditetapkan nomor urut 1 pasangan calon Zaky Maulana Alfiza dan M. Elfathir, nomor urut 2 pasangan calon Gibran dan Saminul serta nomor urut 3 pasangan calon Afifullah dan Ayla . 

“Usai penghitungan suara maka pasangan urut 3 yaitu Muhammad Afifullah dan Ayla Azzura ditetapkan sebagai calon terpilih Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMA Negeri 15 Adidarma Banda Aceh periode 2024/2025,” pungkas Zulfikar. (Murdani)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top