LAMURIONLINE.COM I BANDA ACEH - Ketua Koordinator Wilayah Korps Pelajar Islam Indonesia (Korwil PII) Wati Aceh yang juga mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Husnul Amalia Soleha, mengikuti Women Leadership and Reconciliation Workshop: Discovering Leadership, Peace/Conflict, and Reconciliation di Bangkok, Thailand, pada 7-10 September 2024. Acara ini diselenggarakan oleh International Institute of Peace and Development Studies (IIPDS) dan Asian Resource Foundation (ARF).

Koordinator Program IIPDS, Ms. Khin Thida Aye, menjelaskan, workshop bertujuan memberdayakan perempuan dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang efektif dalam membangun perdamaian di komunitas masing-masing. 

“Dengan fokus pada pengembangan kepemimpinan, resolusi konflik, dan strategi rekonsiliasi, kegiatan ini diharapkan mampu membekali para peserta untuk menangani konflik, menumbuhkan inklusivitas, serta memberikan dampak sosial yang positif,” ujarnya.






Husnul mengungkapkan rasa syukur dapat mewakili Indonesia, khususnya Aceh, yang memiliki sejarah panjang terkait konflik. Menurutnya, workshop ini tidak hanya menjadi ajang pengembangan diri, tetapi juga memberikan kesempatan untuk menjalin hubungan dengan peserta dari berbagai negara, termasuk Thailand, Singapura, Vietnam, Myanmar, Iran, Nepal, dan Pakistan.

Kegiatan ini memberikan wawasan baru tentang peran perempuan dalam gerakan perdamaian dan rekonsiliasi, serta menekankan pentingnya keterampilan dalam mengelola konflik, baik secara individu maupun kelompok. 

“Selain itu, acara Cultural Night menjadi momen berharga bagi para peserta untuk saling mengenal dan menghargai perbedaan budaya, agama, suku, dan ideologi, memperkuat rasa persaudaraan di antara mereka,” pungkas Husnul. (Sayed M. Husen)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top