LAMURIONLINE.COM | THAILAND - Sebanyak 20 mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang sedang melaksanakan program Kuliah Pengabdian pada Masyarakat (KPM) Internasional di Yala, Thailand, melakukan kunjungan ke Konsulat Republik Indonesia di Songkhla, Kamis (12/9/2024). 

Rombongan yang dipimpin Dekan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Ar-Raniry, Syarifuddin tersebut disambut oleh Mochammad Riski Safary, Konsul Bidang Penerangan, Sosial, dan Budaya (Pensosbud).

Dalam sambutannya, Dekan FAH Syarifuddin menyampaikan berbagai program pengabdian yang dilaksanakan mahasiswa di Tham Islam Suksa School, Yala, Thailand. Program tersebut meliputi pelatihan keterampilan berbahasa Arab, bedah perpustakaan, bimbingan tajwid, tahsin, dan tahfidz Al-Qur’an, pelatihan kepramukaan, serta kegiatan penghijauan seperti penanaman pohon bakau di pantai Pattani. Selain itu, mahasiswa juga terlibat dalam aksi sosial lainnya, seperti membersihkan lingkungan desa.

"Melalui program KPM ini, kami berharap mahasiswa dapat meningkatkan kepedulian sosial serta memperkuat simpati dan empati terhadap masyarakat setempat," ujar Syarifuddin.

Syarifuddin juga berharap Konsulat RI di Songkhla dapat memberikan bimbingan kepada para mahasiswa agar mereka dapat beradaptasi dengan tradisi dan budaya yang berbeda di Thailand.



Menanggapi hal tersebut, Mochammad Riski Safary memberikan arahan kepada para mahasiswa untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. 

"Kuliah pengabdian pada masyarakat merupakan bagian penting dari perguruan tinggi, yang juga menjadi salah satu tuntutan akreditasi program studi. Kami berharap mahasiswa dapat memberikan kontribusi terbaiknya kepada masyarakat Thailand," ujarnya.

Konsul Bidang Pensosbud tersebut juga menekankan pentingnya penerapan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah melalui kegiatan nyata yang bermanfaat bagi masyarakat.*

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top