LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Internasional Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Resmi ditutup oleh Dekan FDK Prof. Dr. Kusmawati Hatta, M. Pd, di Gampong Ie Seum, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Minggu (8/9/2024). 

Ketua Panitia Dr. Sakdiah, M. Ag menyampaikan bahwa kegiatan tersebut telah dilaksanakan selama enam hari, tepatnya dimulai sejak tanggal 3 sampai 8 September 2024. Penutupan PKM tersebut berlangsung dengan lancar dan memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama pengelola Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Wisata Ie Seum di Gampong tersebut. 

"Alhamdulillah proses penutupan kegiatan tadi malam berjalan lancar, semoga kegiatan ini bermanfaaat dan menambah wawasan masyarakat terutama dalam hal penataan destinasi wisata Ie Seum, dimana destinasi wisata Ie Seum nanti bisa dikelola dengan baik, seperti adanya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) maupun tempat penjualan souvenir yang dibentuk di lokasi tersebut, juga pembangunan homestay dan lainnya, kemudian dengan penataan lebih bagus atau tersusun rapi maka akan meningkatkan ekonomi masyarakat itu sendiri dengan semakin banyaknya pengunjung," ucapnya. 

Lebih lanjut Sakdiyah menjelaskan bahwa PKM yang dilakukan di Gampong Ie Seum pada awalnya adalah untuk membuka persepsi masyarakat tentang betapa pentingnya lokasi pemandian Ie seum tersebut, sehingga perlu penataan dan pengelolaan yang baik dari pengurus wisata Ie seum, diantaranya lokasi penjualan hasil produk lokal juga kebutuhan pengunjung, tata letak, struktur bangunan dan lain sebagainya perlu terus tertata dengan baik. Selain itu, keterjangkauan dan standarisasi harga barang perlu terus dipertahankan dan semakin ditingkatkan lagi, demikian juga dengan kebersihan lingkungan di lokasi wisata perlu terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi. 

Salah seorang peserta PKM yang berasal dari Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam FDK UIN Ar-Raniry Aulia Salsabila mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut penuh kesan baginya, dimana ia banyak mengenal budaya dan wisata yang ada di Aceh dan di luar Aceh, termasuk dari Luar Negeri-Malaysia. Hal ini ia dapatkan dari teman-teman mahasiswa dan juga dosen yang terlibat dalam kegiatan bersama, yaitu dari Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Universiti Islam Pahang Sulthan Ahmad Syah (UnIPSAS), Universiti Malaysia Terengganu (UMT), Universitas Islam Negeri (UIN) Semarang, UIN Bandung, IAIN Bone-Sulsel, dan STAIN Dirundeng-Meulaboh. 

"Kegiatan yang sangat berkesan dan membekas, kita bisa mengenal budaya terutama wisata yang ada di Aceh dan di luar Aceh karena banyak peserta PKM yang berasal dari Malaysia dan juga luar Aceh, otomatis kita sering berbagi cerita tentang bagaimana wisata serta budaya dari mereka dan juga bagaimana wisata yang maju bisa diterapkan juga untuk objek wisata Ie Seum, masyarakat Ie Seum juga menerima kami dengan penuh kehangatan memberi kesan yang tidak bisa dilupakan, antusias dan semangat masyarakat membuat kami optimis bahwa Wisata Ie Seum dapat menjadi objek Wisata Islami," ungkapnya.




Sementara itu Dekan FDK Prof. Kusmawati Hatta, M. Pd meminta maaf bila terdapat kesalahan baik sikap atau perkataan yang tidak disengaja selama kegiatan PKM berlangsung, serta mengucapkan selamat jalan kepada seluruh peserta PKM yang akan kembali ke kampung halamannya. 

"Maaf atas semua sikap, perkataan, perbuatan yang mungkin tanpa sengaja kami lakukan, selamat jalan semoga sampai tujuan dengan selamat, dan bertemu dengan keluarga. Insya Allah kalau ada umur panjang kita akan berjumpa kembali," tuturnya. 

Rangkaian kegiatan dalam PKM ini meliputi pertukaran budaya, Diskusi tematik diantaranya terkait Wisata Islami, penguatan pendidikan bagi masyarakat (juga siswa SMA-SD setempat), rangkaian perlombaan dalam rangka memperingati Maulid Nabi, Dakwah Islamiyah, santunan untuk anak yatim/piatu, bingkisan untuk lansia, keluarga fakir/miskin, dan untuk balita dari keluarga kurang mampu. 

Kegiatan penutupan tersebut juga dihadiri Wakil Dekan I Dr. Mahmuddin, M.Si, Wakil Dekan II Dr. Fairus, MA, dan Wakil Dekan III Dr. Sabirin, M.Si, KTU FDK Usman, S.Ag Karyawan dan Karyawati FDK, para Dosen dan Kaprodi/Sekprodi se-lingkungan FDK, masyarakat Gampong Ie Seum, Perangkat Gampong, Muspika Kecamatan Mesjid Raya, unsur PKK dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan terpisah Sabirin selaku Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry menyampaikan terima kasih kepada segenap pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini, masyarakat gampong Ie Seum, Muspika Mesjid Raya, Pemkab Aceh Besar, Rektor UIN Ar-Raniry, Pemda Aceh melalui Dinas Sosial-nya, PT Mifa, Baitul Mal Aceh Besar, BSI, BAS, BTN, Rumah Zakat Aceh, DPD IPSPI Aceh, Ar-Raniry TV, dan Radio Assalam, juga segenap pihak lainnya yang telah menyukseskan PKM FDK tahun 2024.*

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top