lamurionline.com -- Kota Jantho – Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Unggul Ali Hasjmy Aceh Besar berhasil meraih juara harapan 1 pada lomba Perpustakaan Sekolah Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2024.

Perlombaan berlangsung di Hotel Inn Holiday Gajah Mada, Jakarta Pusat dari 17-21 September 2024 diikuti oleh enam perpustakaan sekolah terbaik di provinsi masing-masing yang di lombakan per Klaster. Pengumuman pemenang dan penyerahan trofi digelar di Ballroom Holiday Inn & Suites, Jakarta, Jumat (20/9/2024) lalu.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammd Iswanto SSTP MM, secara khusus mengapresiasi prestasi yang dicapai Perpustakaan SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy Aceh Besar tersebut.

“Ini tentu menjadi kebanggaan kita semua masyarakat Aceh Besar. Saya ucapkan selamat kepada perpustakaan SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy Aceh Besar,” kata Iswanto melalui Media Center Pemkab Aceh Besar, Selasa (24/9/2024).

Ia mengatakan, kolaborasi dari seluruh pihak, mulai dari sekolah hingga Duta Baca, Raja dan Ratu Baca serta komunitas literasi, tidak pernah lepas dalam mendukung perpustakaan di daerah.

Ia pun berharap, prestasi yang telah diraih oleh Perpustakaan SMAN 2 Unggunl Ali Hasjmy dapat ditiru oleh perpustakaan-perpustakaan lain di Aceh Besar.

Risma Zuarnita, Pembina Perpustakaan SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy usai Menerima Penghargaan Juara Harapan I di Jakarta FOTO/SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy

“Dengan demikian, perpustakaan bisa menarik minat pengunjung untuk datang sehingga bisa meningkatkan literasi di daerah, dengan semakin baik perpustakaan tentu tingkah kunjungannya akan semakin baik, dan semakin tinggi minat baca maka semakin cerdas pula generasi kita, ” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kersipan Aceh Besar Fazlun SH MT mengatakan, kegigihan seluruh penggiat literasi di SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy Aceh Besar mengantarkan perpustakaan sekolah tersebut meraih prestasi.

“Alhamdulillah, setiap tahapan diikuti dengan baik dan bisa menjadi juara pertama tingkat Provinsi Aceh, selanjutnya mewakili Aceh ke tingkat Nasional sehingga meraih Juara Harapan Pertama” ungkapnya.

Ia mengucapkan terimakasih atas dukungan Pj Bupati Aceh Besar serta para stakeholders lainnya, sehingga prestasi di dunia literasi dapat terus terwujud melalui pembinaan-pembinaan dan pendampingan.

“Pak Pj Bupati dan seluruh stakeholders di Aceh Besar terus memberikan dukungan dalam rangka pengembangan dan pemajuan literasi daerah, untuk itu pula kita sangat berharap semangat yang tinggi dilingkup sekolah maupun perpustakan di gampong, ” ujar Fazlun.

Sedangkan, Kepala SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy Amirul Kisra SPd MPd, mengungkapkan rasa bahagianya terhadap prestasi yang diraih oleh pustaka binaannya tersebut. Ia menjelaskan, keikutsertaan SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy sebagai perwakilan Aceh dalam kompetisi tingkat nasional tersebut merupakan sebuah proses panjang yang penuh dengan tantangan.

“Ini merupakan hasil dari proses panjang dan tantangan yang kami hadapi. Kami berkomitmen untuk mendukung program literasi yang dicanangkan pemerintah,” ujarnya.

Lima peserta lain yang ikut dalam kompetisi tingkat tersebut ialah Perpustakaan 17 SMA 17 Plus Palembang (Sumatra Selatan), Perpustakaan SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah (Bengkulu), Perpustakaan Pelita SMK Negeri 1 Tanjung Pandan (Kepulauan Bangka Belitung), Perpustakaan Mutiara Ilmu SMK Negeri 6 Pekanbaru (Riau), dan Perpustakaan SMA Negeri 1 Padang Panjang (Sumatra Barat).(Herman/*)

SHARE :
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

0 facebook:

Post a Comment

 
Top