lamurionline.com -- Medan – Cabang Olahraga (Cabor) Floorball Aceh berhasil meraih juara pertama pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut setelah mengalahkan Sumatera Barat (Sumbar) dengan skor 5-4 di lapangan GOR Binjai, Medan, Sumatera Utara, Selasa (17/9/2024).

Floorball Aceh yang diperkuat santri dari Pesantren Oemar Diyan Aceh Besar dibawah asuhan Muhammad Zubir SE.Sy atau akrab disapa Zubir 683 berhasil melewati babak fase grup hingga meraih emas setelah dipartai final mengalahkan Sumbar dengan skor tipis 5-4.

“Alhamdulillah kita berhasil meraih emas pada cabor floorball pada PON XXI ini, setelah sebelumnya kita berhasil melewati fase grup dan juga mengalahkan tuan rumah Sumut pada laga semifinal dengan skor 2-1 dalam drama adu pinalti usai bermain imbang 3-3,” ujar Coach Zubir.

Tim Floorball Aceh menerima medali emas pada PON XXI Aceh-Sumut setelah mengalahkan Sumatera Barat dengan skor 5-4 di lapangan GOR Binjai, Medan, Sumatera Utara, Selasa (17/9/2024). FOTO/ DOK FLOORBAL ACEH

Pada partai final, tim floorball Aceh yang berhadapan dengan Sumbar menurunkan sejumlah pemain andalannya seperti Nabil Malza, Rafa Al Faruq, Umeir Al Qais, Muhammad Rafi, Imam, Ghoris, Fais Sitomorang, Muhammad Rayyan, Waldi syuhada dan Haikal berhasil mengalahkan tim Sumbar dengan skor 5-4.

“Floorball memang belum menjadi cabang olahraga resmi di PON XXI, baru eksebisi. Tapi Alhamdulillah kita berhasil meraih juara,” kata Zubir.

Floorball, menurut Zubir, cabang olahraga yang relatif baru, sedang menunjukkan perkembangan yang menarik di Indonesia. Meskipun masih dalam tahap awal, olahraga ini telah meraih popularitas yang signifikan di beberapa negara Eropa seperti Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Latvia, Norwegia, Swedia, dan Swiss.

Olahraga floorball telah mulai merambah ke Indonesia melalui negara tetangga seperti Singapura dan Australia. Asosiasi Floorball Indonesia (AFI), yang didirikan pada tahun 2009, menjadi induk cabang olahraga ini di Indonesia. Pada tahun yang sama, AFI diterima sebagai anggota sementara oleh Federasi Internasional Floorball (IFF), membawa olahraga ini lebih dekat ke komunitas olahraga Indonesia.

Tim Floorball Aceh foto bersama usai menerima piala dan medali emas Cabor Floorball PON XXI Aceh-Sumut, di lapangan GOR Binjai, Medan, Sumatera Utara, Selasa (17/9/2024). FOTO/ DOK FLOORBAL ACEH

Zubir mengaku, Aceh memiliki potensi besar untuk meraih juara pada gelaran eksebisi PON XXI tersebut. Pasalnya, Aceh memiliki sumber daya atlet yang cukup baik dan mumpuni.

“Bahkan kami memboyong 10 atlet terbaik kami untuk menargetkan juara di PON XXI dan semoga di PON mendatang tahun 2028 flooball bisa menjadi cabang olahraga resmi dan kita siap untuk meraih medali,” kata dia.

Untuk persiapan tim, Zubir mengaku para atlet sudah melakukan latihan sejak awal tahun 2024. Pihaknya mulai melakukan latihan intensif dalam persiapan menuju PON XXI di Pesantren Oemar Diyan, Aceh Besar.

“Untuk Asosiasi Floorball Indonesia baru tebentuk di sembilan provinsi dan untuk eksebisi PON XXI diikuti oleh 12 provinsi,” pungkas Zubir.(Cek Man/*)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top