LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR – Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh Besar menggelar evaluasi terhadap program "Satu Gampong Satu Hafiz" yang bertujuan meningkatkan jumlah penghafal Al-Quran di setiap desa. Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, di antaranya Tgk H Fakhruddin Lahmuddin MPd dari unsur MPD Aceh Besar dan Wakil Ketua MPD, Dr Sabirin MSi. Hadir pula Sekda Aceh Besar, Drs Sulaimi MSi, Kadisdikbud Aceh Besar, Bahrul Jamil SSos MSi, serta para pemangku kepentingan dari Syariat Islam, Badan Dayah, Bappeda, Kemenag, dan tokoh-tokoh masyarakat Aceh Besar lainnya.

Dalam pembukaan acara, Sekda Aceh Besar, Drs Sulaimi MSi, menegaskan pentingnya keberlanjutan program ini. Ia juga mengingatkan bahwa meskipun anggaran terbatas, pemerintah telah menetapkan qanun sebagai payung hukum bagi pelaksanaan program tahfiz ini. Diharapkan dengan evaluasi ini, program dapat lebih maksimal dalam menghasilkan hafiz di seluruh gampong di Aceh Besar.

Tgk Fakhruddin Lahmuddin MPd menjelaskan bahwa di Aceh Besar sebelumnya ada dua program pendidikan unggulan, yaitu Sistem Pendidikan Terpadu (SPT) dan Satu Gampong Satu Hafiz. SPT sudah pernah dievaluasi, namun program tahfiz ini belum pernah mendapat evaluasi mendalam. Tgk Fakhruddin juga memaparkan sejarah serta filosofi dari program ini, yang berakar pada keinginan masyarakat Aceh Besar untuk mencetak generasi penghafal Al-Quran di setiap gampong.









Sementara Wakil Ketua MPD Aceh Besar, Dr Sabirin MSi di akhir sesi turut menguraikan bahwa sasaran utama program ini adalah seluruh gampong di Aceh Besar. Saat ini, ada beberapa kecamatan menjadi daerah dengan jumlah hafiz terbanyak, diikuti oleh beberapa kecamatan lainnya di Aceh Besar. Sabirin berharap program ini dapat terus ditingkatkan dengan dukungan semua pihak.

Dalam kegiatan itu terdapat beberapa masukan dari para tokoh Aceh Besar dan stakeholder terkait untuk keberlanjutan program dan peningkatan sumber daya hafiz-hafizah di Aceh Besar yang lebih baik

Saat menutup kegiatan, Sekda Sulaimi berharap bahwa hasil evaluasi dan masukan dari semua pihak yang hadir akan membantu memaksimalkan pelaksanaan program Satu Gampong Satu Hafiz ke depannya. 

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top