LAMURIONLINE.COM | BANDA ACEH - SLB TNCC Banda Aceh kembali mengadakan pemilihan Duta Baca sebagai momentum peringatan Hari Aksara Nasional tahun 2024  dimana kegiatan seleksi yang diadakan pada awal September lalu telah  mengikutsertakan siswa SDLB sampai SMALB serta ada juga apresiasi dari perpustakaan Sekolah dengan kategori peminjam buku dan pengunjung perpustakaan terbanyak.

Ketua Panitia, Nurlia, S.Pd menyampaikan kegiatan ini telah dilaksanakan sebanyak empat kalinya di SLB TNCC dan menjadi agenda tahunan. Pemilihan calon duta baca kali ini diikuti 19 orang siswa, diantaranya sembilan orang siswa/i jenjang SDLB dan delapan orang siswa jenjang SMPLB, dua orang jenjang SMALB. 

"Adapun Duta Baca pada jenjang SDLB TNCC dimenangkan oleh Arfa Az Zayyan (kelas 3),  Duta Baca jenjang SMPLB TNCC dimenangkan oleh Alwan (Kelas 7) dan Duta Baca jenjang SMALB dimenangkan oleh M. Khalisul Amal (Kelas 10). Selain itu pada tahun ini juga ada pemilihan pengunjung terbanyak yang diraih oleh M. Raffan (kelas 1) dan pengujung terbanyak yang diraih oleh Ardyan (kelas 8)," ujar Nurlia.

Koordinator kegiatan, Munadhian Alhaj, S.Pd menyampaikan bahwa setelah adanya MoU dengan puswil Aceh di tahun 2022 ada beberapa pelatihan mengenai tata kelola perpustakaan yang juga diikuti oleh kepala perpustakaan SLB TNCC melalui kemitraan yang ada. 

"Perkembangan perpustakaan SLB TNCC secara bertahap mengarah positif terutama dukungan Dinas Perpustakaan Wilayah dan Kearsipan Aceh terkait pembinaan kepala perpustakaan yang jarang ada sehingga sangat diapresiasi", tambahnya

Kepala SLB TNCC Banda Aceh, yang diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, Wahyu Afriyola, S.Pd menyampaikan kegiatan pemilihan duta baca bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa istimewa di SLB TNCC. Secara rutin setiap hari ada kegiatan story telling dalam program terapiutik pagi dan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk memotivasi dan menarik minat baca siswa baik secara mandiri maupun dengan bantuan. 

Yola juga menyampaikan bahwa pihak puswil juga sangat mendukung kegiatan duta baca di SLB TNCC karena sekolah umum saja sangat jarang menyelenggarakan acara seperti ini. Pihak Puswil, juga mendukung dalam bentuk hadirnya mobil pustaka keliling untuk dapat mensupport kebiasaan baik membaca pada siswa/i SLB TNCC dan menjadi pembelajar sepanjang hayat.



Kepala Dinas Perpustakaan dan Pengarsipan Aceh yang diwakili, Husna menyampaikan bahwa pihak pustaka wilayah sangat senang menjadi bagian dari acara ini. Pihak pustaka juga menyampaikan bahwa pustaka wilayah juga akan terus mensupport SLB TNCC untuk datang ke Puswil dimana saat ini Puswil terus berbenah baik dari segi ruangan dan fasilitas lainnya yang tentunya ramah bagi siswa/i istimewa. 

Kegiatan peringatan hari aksara yang diadakan SLB TNCC pada Senin 30 September 2024 ini juga dimeriahkan dengan penampilan minat bakat siswa seperti pembacaan cerpen oleh duta baca terpilih,  Pembacaan Puisi dengan tema Aksara dan menyanyi. 

Kegiatan ditutup dengan berduyun-duyun menuju mobil pustaka keliling untuk aktivtas membaca oleh siswa/i dengan dampingan para guru yang difasilitasi oleh tim pustaka keliling dari Perpustakaan Wilayah Aceh.*

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top