LAMURIONLINE.COM | BANDA ACEH - Sekolah Luar Biasa The Nanny Children Center (SLB TNCC) Banda Aceh gelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1445 H di Perpustakaan Wilayah Provinsi Aceh pada Sabtu, 5 Oktober 2024. Ketua Panitia Pelaksana Eva Yulita, S.Sos.I menjelaskan bahwa kegiatan ini dihadiri sekitar 175 orang dari unsur Pengurus Yayasan Rumah Kita Indonesia (YRKI), guru dan tenaga pendidikan, mitra kerja, orangtua asuh, orangtua/wali dan murid serta tamu undangan. 

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia, kepala sekolah dan ketua Yayasan Rumah Kita Indonesia (YRKI). Acara juga disela dengan penampilan siswa baik secara individual maupun massal, penyampaian materi ceramah dan ditutup dengan foto bersama.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk mengenang kelahiran Nabi Muhammad SAW dan meneladani ajaran serta akhlak mulianya. Tema acara tahun ini adalah _Mengejar Syafaat Dengan Teladani Akhlak Rasulullah dalam keseharian. "Pentingnya acara ini dilaksanakan untuk menanamkan nilai-nilai keislaman terutama kepada peserta didik," ujar Eva

Dalam sambutannya, DM Ria Hidayati, S.Psi., M.Ed selalu kepala SLB TNCC menyatakan untuk mencapai syafaat Rasulullah kita perlu membiasakan anak-anak untuk meniru akhlaknya dalam keseharian. Di SLB TNCC implementasi hal tersebut kita wujudkan dalam bentuk pembiasaan harian seperti pembiasaan sholat Dhuha, program sedekah jum'at, OSIS mengaji dan menjadi sari tilawah. Selain itu, anak-anak juga diajarkan untuk mensyiarkan ajaran Islam melalui ceramah agama yang dibawakan oleh salah peserta didik SMPLB TNCC. SLB TNCC juga mengandalkan Piramida pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah seperti pemenuhan Etika yang baik, Kemandirian dan Akademik. "Perlu kita persiapkan peserta didik istimewa ini agar nantinya bisa diterima di masyarakat dengan baik terutama pada aspek etika," kata Ria.

Sementara itu Ketua Yayasan Rumah Kita Indonesia (YRKI) DR. H. Dahlawi, M.Si juga menyampaikan bahwa peringatan Maulid Nabi Saw merupakan acara yang sudah rutin dilaksanakan di SLB TNCC untuk membina akhlak serta menanamkan nilai-nilai Islam terutama dalam membentuk perilaku positif. "Perlu dukungan semua pihak agar hal ini bisa dilaksanakan dengan baik," ujarnya.

Puncak acara maulid diisi dengan tausiyah oleh Ustadz Iswar Nurdin, M.Ag, yang mengingatkan hadirin tentang pentingnya menjaga persatuan dan menerapkan nilai-nilai yang diajarkan Rasulullah SAW dalam interaksi sosial, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Tausiyah ini disambut antusias oleh para siswa, guru dan wali murid yang terlihat khusyuk mendengarkan. 

Selain tausiyah, acara juga dimeriahkan oleh penampilan pidato dai cilik yang disampaikan Alwan Rifqi Zahran selaku murid SMPLB TNCC, penampilan kelompok kecil untuk lantunan shalawat Badar, serta tampilan massal dengan pembacaan Asmaul Husna dan lagu Rindu Muhammadku oleh siswa-siswi SLB TNCC. Acara ditutup dengan foto bersama seluruh peserta yang berhadir.

Besar harapan di tahun mendatang melalui pertanyaan maulidurrasul ini siswa SLB TNCC semakin dapat memahami dan mengamalkan ajaran Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan mereka sehari-hari serta semakin mencintai dan meneladani sosok Rasulullah sebagai contoh dalam bersikap dan berperilaku. "Orangtua juga perlu memahami pentingnya memberi teladan baik di rumah sehingga program sekolah menjadi berkesinambungan terutama dalam pengalaman sunah rasul dalam keseharian," tutup Ria.*

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top