lamurionline.com -- Banda Aceh --
Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menjalin kerja sama dengan PT GOGO TRANSTECH INDONESIA dalam penyediaan sepeda listrik untuk mendukung terciptanya lingkungan kampus bebas polusi udara. 

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tersebut dilakukan dalam rangkaian Rapat Senat Terbuka di Auditorium Prof Ali Hasjmy, Banda Aceh, pada Selasa (15/10/2024).


MoU ini ditandatangani oleh Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Mujiburrahman MAg, dan Direktur PT GOGO TRANSTECH INDONESIA, Cheng Zhang Xing. Turut hadir dalam acara tersebut Direktur PT Gunadhya Investa Gemilang, Lily Oey yang juga inisiator GOGO Bike ke Indonesia, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry, Prof Dr Saifullah MAg, serta beberapa pejabat universitas dan perwakilan perusahaan.

Kerja sama ini mencakup pengenalan transportasi ramah lingkungan di kampus melalui penggunaan sepeda listrik, dengan tahap awal PT GOGO TRANSTECH INDONESIA menyediakan 200 sepeda yang akan digunakan oleh mahasiswa. "Sepeda listrik ini akan ditempatkan di beberapa titik kampus dan dapat digunakan oleh mahasiswa kami," ujar Prof Mujiburrahman.

Sepeda listrik, yang dikenal sebagai GOGO Bike, akan menjadi alat transportasi umum di lingkungan kampus. Selain dilengkapi dengan keamanan dalam pengunaan,para pengguna juga dilengkapi dengan perlindungan asuransi. Gogo bike  dapat digunakan dengan mudah dan berteknologi canggih. Selain dapat monitor keberadaan sepeda  dapat juga monitor kapasitas baterai.

Direktur PT GOGO TRANSTECH INDONESIA, Cheng Zhang Xing, mengungkapkan bahwa kerja sama ini juga mencakup pemberian beasiswa energi hijau tahunan kepada mahasiswa UIN Ar-Raniry. "Kami juga akan membuka peluang bagi mahasiswa untuk belajar teknologi energi baru di China serta magang di pabrik motor listrik kami di Indonesia,, China, Thailand, Myamar" tambahnya sebagai bagian dari kesepakatan.

Kerja sama selama lima tahun ini diharapkan menjadi contoh bagi kampus lain dalam mengadopsi transportasi ramah lingkungan dan mendorong keterlibatan mahasiswa dalam pengembangan teknologi hijau. [ ]

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top